Bocah 12 Tahun Ini Viral Sopiri Truk di Tol Cikampek, Begini Kata Polisi

Seorang bocah berusia 12 tahun menjadi viral karena aksinya mengemudikan truk di Tol Cikampek. Banyak yang penasaran, dari mana bocah tersebut belajar mengemudikan truk? Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengaku pihaknya belum mendalami terkait sejak kapan bocah itu belajar mengemudikan truk.

Bocah 12 Tahun Ini Viral Sopiri Truk di Tol Cikampek, Begini Kata Polisi
Truk trailer yang dikemudikan bocah. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Seorang bocah berusia 12 tahun menjadi viral karena aksinya mengemudikan truk di Tol Cikampek. Banyak yang penasaran, dari mana bocah tersebut belajar mengemudikan truk?

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengaku pihaknya belum mendalami terkait sejak kapan bocah itu belajar mengemudikan truk.

"Kami belum dalami sampai ke sana karena masih di bawah umur, harus melibatkan instansi lain. Kami fokus pada imbauan dan peringatan agar tidak terulang lagi peristiwa yang sama," ujar Akmal saat dihubungi detikcom, Jumat (30/4/2021).


Kasus ini bermula dari rekaman video yang viral di media sosial. Dalam video itu terlihat seorang anak yang mengaku berusia 12 tahun mengemudikan truk trailer.

Hasil penelusuran polisi diketahui peristiwa itu terjadi pada tahun 2020 lalu di ruas Tol Cikampek. Saat itu anak 12 tahun tersebut mengendarai truk dari KM 12 hingga rest area KM 19.

Polisi mengungkapkan anak itu diminta oleh pamannya sendiri mengendarai truk tersebut. Alasan pamannya menyerahkan kemudi truk karena tidak kuat menahan kantuk.

"Karena pada saat itu sopir aslinya mengantuk sekali, kemudian dibawa oleh si anak kecil ini," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Yusri mengungkap, truk tersebut dalam perjalanan menuju ke Tasikmalaya. Akan tetapi, bocah itu hanya mengendarai truk selama 30 menit saja.

"Anak ini membawa truk tersebut sampai dengan KM 19. Kemudian di antara KM 12 ke KM 19 itu terekam oleh kamera sesama driver yang ada, sambil bercanda," tuturnya.

Sopir asli truk tersebut adalah pria inisial H (33), yang juga paman si bocah. H diketahui telah dikeluarkan dari pekerjaannya di PT STA setelah ketahuan menyerahkan truk kepada bocah.

Sumber: detikcom
Editor: Ari