Bupati Masnah Buka KOSN dan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar di Sungaigelam

Bupati Masnah Buka KOSN dan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar di Sungaigelam
Bupati Muarojambi Saat Membuka KOSN dan FLS2N (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Bupati Muarojambi, Hj. Masnah Busro, Sabtu (7/3) resmi buka Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional (KOSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Cerdas Cermat LCC dan Gema Santri Terampil (GESIT), Tingkat Sekolah Dasar di lapangan SDN 95/IX Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungaigelam.

Menurut Bupati, kegiatan KOSN, FLS2N, LCC dan GESIT Tingkat SD/MI ini, Olahraga untuk mencari bakat di sekolah dasar yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional. "Yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga," kata Bupati.

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan, juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa.

Tambah bupati, pembangunan pendidikan tidak cukup hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi harus pula mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Bupati sangat mendukung dengan diadakan kegiatan ini, demi mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Kabupaten Muarojambi , adalah penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (KOSN SD) yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Kegiatan KOSN SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat," ujar masnah.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap pertandingan/perlombaan cabang olahraga pada KOSN-SD ini.

Lanjut bupati Kegiatan KOSN merupakan pengganti dari O2SN SD yang telah diselenggarakan satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah dasar, sehingga dapat mewadahi minat dan bakat peserta didik khususnya dalam bidang kinestetik.

Prestasi Olahraga yang mampu kita raih mulai dari tingkat yang paling bawah hingga berjenjang pada tingkat selanjutnya, semua itu merupakan parameter penting dari keberhasilan kita melakukan pembinaan Bidang olah Raga dan seni di Kabupaten Muaro Jambi yang kita cintai ini.

"Anak-anakku sekalian, bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukkan prestasi terbaik, tercepat, terkuat dan terindah. Kepada para wasit, saya mengajak saudara-saudara untuk memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan wasit, dan kepada para guru dan pembina olah raga dan seni mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi," pesan Bupati kepada para siswa.

Terakhir, bupati, mengajak kepada segenap panitia, wasit dan tim juri, termasuk para kontingen untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini, semangat kerja sama, rasa persaudaraan dan persatuan sesama kontingen dapat terjalin dengan baik, apabila kita semua mengedapankan semangat sportivitas yang tinggi.

Pembukaan kegiatan tersebut ditandai dengan pemukulan Gong dan dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara, bertandanya kegiatan KSN, KOSN, FLSN dan GESIT resmi dibuka.

Bupati dalam hal ini, menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya KOSN antar sekolah dasar SD Kecamatan Sungaigelam.

”Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas serta salam olaraga. Saya berharap anak anak tetap menjaga silaturahmi karna ini merupakan ajang untuk menyatukan kita, mari unjuk perestasi dan kebolehan tetapi tetap menjujungi tinggi spotivitas," harap bupati. (adv)

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi