Bupati Masnah Buka MTQ ke-25 Tingkat Kecamatan Kumpeh Ulu

Bupati Masnah Buka MTQ ke-25 Tingkat Kecamatan Kumpeh Ulu
Bupati Muarojambi Masnah Busyro memukul beduk dibuka MTQ. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Bupati Muarojambi Hj Masnah Busyro membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-25 Muarojambi Sabtu (5/10/19) malam. 

MTQ tingkat Kecamatan Kumpeh Ulu berlangsung selama empat hari, sejak 5-8 Oktober 2019 dan dipusatkan di Desa Lopak Alai. Kedatangan Bupati di lokasi pembukaan disambut kompangan dan tarian sekapur sirih. 

Turut hadir malam itu, Camat Kumpeh Ulu Asrizal S. Sos, Kapolsek Kumpeh Ulu AKP Denny Eko Saputra, Danramil Kumpeh Ulu Kapten Arm. Hermansyah, Angota DPRD Provinsi Jambi Kamaludin Havis, para Kepala OPD di lingkupan Pemkab Muarojambi dan para tamu undangan. 

Kehadiran orang nomor satu di Bumi Sailun Salimbai disambut antusias warga Kecamatan Kumpeh Ulu. Acara pembukaan MTQ ke-25 malam itu diawali dengan lantunan ayat suci Alqur'an yang dibawakan oleh Qori Nasional yang merupakan warga asli Desa Lopak Alai Raden Harmoko, yang kemudian dilanjutkan pelantikan dan pengucapan sumpah para dewan juri.

Dalam sambutannya, Bupati Muarojambi mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa pada malam itu. Bupati berpesan kepada semua kafilah yang akan tampil untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka.

"Karena nantinya para juara tingkat kecamatan ini akan mewakili MTQ tingkat Kabupaten. Tampilkan kemampuan terbaik dan bawa harum nama desa," kata Bupati.

Bupati Masnah dalam setiap kesempatan perhelatan MTQ selalu memberikan motivasi kepada para kafilah. Para Kafilah yang nantinya mewakili Kabupaten Muarojambi dalam perhelatan MTQ tingkat Provinsi akan diguyur bonus umroh.

"Kita sangat berharap pada perhelatan MTQ Tingkat Provinsi di Bungo nanti kita bisa menjadi juara umum. Minimal juara III. Dan sebagai bentuk perhatian pemerintah, setiap peraih juara satu di MTQ tingkat Provinsi akan diberangkatkan umroh," cetusnya.

Senada, Camat Kumpeh Ulu Asrizal S. Sos dalam sampaiannya menyebutkan bahwa kegiatan MTQ ini selain mengembangkan dari sisi syiar agama, juga dapat memperbaiki kualitas keimanan umat. 

"Prestasi itu utama,  namun yang lebih utama lagi adalah syiar agama islam. Mari kita jadikan Alqur'an sebagai pedoman," kata Asrizal S. Sos.

Camat juga mengajak untuk kembali mempedomani Alquran sebagai pegangan dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang hakiki. Tak lupa, Camat juga mengajak semua elemen masyarakat untuk terus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan membangun. 

"Mari Kita resapi, hayati dan amalkan Alqur'an dalam kehidupan sehari-hari. Karena saat kita mendengarkan alquran kita sedang mengagungkan nilai-nilai kemanusiaan, kesolehan dan mengagungkan Firman Allah," pungkasnya.(adv/romi)