Gubernur Gelar Halal Bihalal Bersama ASN di Pemprov Jambi

Gubernur Gelar Halal Bihalal Bersama ASN di Pemprov Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Guna menjalin tali silaturrahim bersama staf karyawan/karyawati di ruang lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi Jambi, Gubernur Jambi, Fachrori Umar menggelar acara halal bihalal Selasa (11/6/2019) bertempat di lapangan dalam kantor Gubernur Jambi.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh para Staf Ahli Gubernur, para Asisten Sekda, para Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Ketua PKK Provinsi Jambi, Ketua BKOW Provinsi Jambi dan karyawan-karyawati.

Gubernur Jambi, Drs H Fachrori Umar dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap kali melaksanakan halal bi halal, selalu diiringi dengan ucapan saling maaf memaafkan sesama. Untuk itu, dengan semangat halal bi halal ini, agar dapat meluruskan benang yang kusut, menghangatkan hubungan yang tadinya membeku, sehingga cair kembali.

Selain itu, juga melepaskan ikatan yang membelenggu, serta menyelesaikan kesulitan dan problem yang menghadang dengan jalinan keharmorisan hubungan. "Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menerima amal puasa kita, dan kita kembali kepada kesucian dan kemenangan, serta setiap masa kita berada dalam kebaikan," ujarnya.

Dijelaskannya, sebagaimana diketahui bahwa dalam ajaran islam, memaafkan kesalahan orang lain merupakan salah satu ciri orang bertaqwa.

"Hal tersebut ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 133-134 yang berbunyi "...orang-orang yang orang-orang (yaitu) bertaqwa yang menafkahkan (hartanya) baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang," katanya.

Sambungnya, bahwa aktivitas selama Ramadhan yang lalu, selalu mendorong kita untuk beribadah tidak saja kita lakukan secara vertikal kepada sang pencipta, akan tetapi secara horisontal (muamalah). Ramadhan penuh dengan pesan etika keshalehan sosial yang tinggi, seperti pengendalian diri, disiplin, kejujuran, kesabaran, dan saling tolong-menolong.

"Oleh karena itu ibadah Ramadhan yang baru saja kita lalui hendaknya juga membawa implikasi kepada karyawan-karyawati di lingkup Pemerintah Provinsi," ucapnya.

Ditambahkannya, bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadahnya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja perjuangan dan semangat kita dalam menghargai nilai-nilai kebersamaan, ketaatan, disiplin, saling menghargai dan saling mencintai hendaknya mendorong kita untuk melaksanakan tugas semakin profesional.

"Mari kita tanamkan dalam sanubari kita, bahwa Islam memuliakan pemeluknya yang mampu mengatasi berbagai masalah-masalah keumatan, baik yang menyangkut urusa keagamaan maupun keduniawian," tuturnya.

Dirinya juga berpesan, dengan momen ini dapat meningkatkan kemampuan dalam berkontribusi membantu urusan-urusan pemerintahan.

"sehingga dapat meningkatkan kualitas kesolehan individual dan kita karenanya Oleh sosial kesolehan karyawan/karyawati dilingkup Permerintah Provinsi Jambi juga harus menunjukkan kinerja yang optimal terbaik memberikan pelayanan dan profesional, menjadi umat kepada masyarakat," pungkasnya. (adv)

Reporter: Deni S