Cegah Penularan Covid- 19, Ini Tips dari Ahli Gizi Jambi

Untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus Corona yang saat ini sedang viral-viralnya, berbagai upaya pencegahan wajib dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Cegah Penularan Covid- 19, Ini Tips dari Ahli Gizi Jambi
Anjuran Dokter Gizi (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus Corona yang saat ini sedang viral-viralnya, berbagai upaya pencegahan wajib dilakukan oleh masyarakat. Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ahli Gizi Indonesia Provinsi Jambi, H.Helfiyan Amnun, SST, Mkes mengatakan, perilaku hidup sehat harus dimulai dari lingkup keluarga.

"Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menjamah makanan, makan makanan bergizi seimbang," kata Helfian melalui selulernya, kepada Brito.id, Rabu (25/3/2020).

Untuk bahan makanan, sebelum dikonsumsi menurutnya jangan lupa dicuci terlebih dahulu. Selain itu, hindari makanan mentah atau setengan matang, karena kuman akan mati suhu tinggi.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti, daging sapi, daging ayam, hati ayam, ikan, udang, cumi-cumi dan lainnya.

"Kalau buah, itu pepaya, kiwi, jeruk , jambu biji, tomat, brokoli," ujarnya.

Saluran pencernaan yang sehat, menurutnya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melalui konsumsi susu fermentasi atau yoghurt.

"Berikan ASI secara ekslusif, agar bayi mendapat zat kekebalan tubuh dari ASI," sebutnya.

Sementara itu, dirinya juga mengingatkan agar meninggalkan kebiasaan yang salah, yang masih sering diabaikan.

"Jadi kalau kita bersin, hidung di tutup kelengan tangan, bukan jari ditarok dihidung," katanya.

"Pakai masker kalau batuk, jangan berkerumun dikeramaian. Istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan selalu berdoa," lanjutnya.

Tips lain agar bahan makanan tetap menyehatkan, Helfiyan menjelaskan sebelum dimasukkan dalam mesin pendingin ata kulkas, harus dibersihkan dulu.

"Jangan terlalu banyak jajan di kaki 5, kita tidak tahu olahannya sehat atau tidak, atau bahannya bersih atau tidak. Hal ini mempengaruhi juga terhadap kesehatan kita," pungkasnya.

Penulis: Hendro Sandi

Editor: Rhizki Okfiandi