Developer Lalai!, Riduwan: Pengembang Wajib Sediakan TPS dan Kuburan

Developer Lalai!, Riduwan: Pengembang Wajib Sediakan TPS dan Kuburan

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Pembangunan perumahan di Muarojambi saat ini cukup berkembang pesat. Namun sayangnya, para developer seperti mengabaikan pembangunan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial.

 

"Kedepan tidak bisa lagi seperti itu. Sebelum bangun unit rumah pengembang atau developer harus terlebih dahulu bangun fasum dan fasos," ungkap Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Muarojambi M Riduwan kepada BRITO.ID, Jum'at (21/6/19).

 

Riduwan mengeaskan, salah satu fasum dan fasos yang mesti disediakan developer adalah tempat pembuangan sampah (TPS) dan Lokasi Pemakaman. Selama ini cukup banyak perumahan yang tidak menyediakan TPS. Dampaknya, warga penghuni perumahan kesulitan dalam mengelola sampahnya.

 

"Kalau TPS tersedia, kami dari Dinas Perkim tentu akan lebih mudah untuk mengurus sampah yang ada di perumahan tersebut. Jangan lupa, pembangunan TPS tentu dilengkapi dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)," paparnya.

 

Tak hanya TPS, pengembang juga wajib menyediakan areal pemakaman bagi warga perumahan. Jika tak punya lahan, pengembang bisa berkoordinasi dengan desa setempat agar mengizinkan TPU Desa tersebut.

 

"Kuburan juga. Lokasinya harus di luar perumahan. Jika tak ada lahan koordinasi dengan pemerintah desa setempat," urainya.

 

Sebagai payung hukum terhadap kewajiban pengembang dalam penyedian fasum dan fasos ini, Pemkab Muarojambi sudah mempunyai payung hukum berupa Perda Tentang Sarpras dan Utilitas Perumahan.

 

"Perdanya sudah disahkan dan menunggu Perbupnya sebagai aturan turunan yang akan siap dalam waktu dekat ini. Ke depan pengembang tak bisa lagi main-main tentang ini," pungkasnya. (RED)

 

Kontributor : Romi R