Duh! Hingga Pertengahan Tahun Realisasi Proyek FIsik Sarolangun Baru 34 Persen

Duh! Hingga Pertengahan Tahun Realisasi Proyek FIsik Sarolangun Baru 34 Persen
Proyek peningkatan jalan di Sarolangun pada 2019. (Arfandi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Realisasi pembangunan dan kegiatan proyek fisik di Kabupaten Sarolangun secara keseluruhan baru mencapai 34,17 persen per-semester I Tahun 2019.

 

"Berdasarkan evaluasi terakhir yang kita lakukan dan laporan semua SKPD yang memiliki proyek fisik sampai bulan Juni, realisasi kegiatan baru mencapai 34 persen,” kata Kabag Pembangunan, Setda Sarolangun, Masri, Jumat (19/7/2019).

 

Kegiatan fisik yang ada di 20 organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sarolangun berjumlah sebanyak 504 paket proyek fisik.

 

Dari ratusan paket proyek ini, terbanyak di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan.

 

"Jumlah paket proyek ada 504, baru terealisasi pekerjaannya 34 persen, sementara realisasi keuangannya baru sekitar 6,41 persen atau Rp20 miliar lebih," katanya.

 

Selain itu, kata mantan Camat Bathin VIII ini, waktu dekat ini pihaknya akan turun melakukan Monitoring dan evaluasi (Monev) ke lapangan untuk melakukan pemantauan pekerjaan proyek fisik.

 

"Rencananya minggu depan Monev pada pertengahan tahun, dan saya yakin realisasinya akan bertambah," katanya.

 

Ia berharap agar seluruh OPD untuk melaksanakan paket proyek fisik sesuai dengan masa pekerjaan yang telah direncanakan, sehingga akhir tahun 2019 nanti semua pekerjaan dapat dipastikan bisa selesai.

 

“ Ada yang masih proses lelang, dan memang ada keterlambatan pengajuan lelang. Kita harapkan semua kegiatan dapat diselesaikan sesuai dengan batas kontrak kerja itu dikerjakan, ada yang 120 hari dan seterusnya dengan harapan akhir 2019 ini selesai dilaksanakan. Apalagi proyek jalan agar dapat dilaksanakan sebelum musim penghujan," katanya. (RED)

 

Reporter : Arfandi S