Hamas-Apri Mau Deklarasi, Bawaslu: Patuhi Protokol Kesehatan

Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bungo, H Mashuri dan H Safrudin Dwi Apriyanto (Hamas-Apri) akan menggelar deklarasi untuk maju dalam Pilkada serentak 2020, Sabtu siang (29/8/2020) besok. Deklarasi bakal berlangsung di Gedung Serbaguna eks MTQ Baru Rimbotengah.

Hamas-Apri Mau Deklarasi, Bawaslu: Patuhi Protokol Kesehatan
Bawaslu Bungo dalam kegiatan HUT Bawaslu belum lama ini. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bungo, H Mashuri dan H Safrudin Dwi Apriyanto (Hamas-Apri) akan menggelar deklarasi untuk maju dalam Pilkada serentak 2020, Sabtu siang (29/8/2020) besok. Deklarasi bakal berlangsung di Gedung Serbaguna eks MTQ Baru Rimbotengah.

Namun hal yang menjadi perhatian dan pertimbangan saat ini, jumlah positif Covid-19 di Bumi Langkah Serentak Limbai seayun ini naik drastis. Teranyar jumlah positif mencapai 8 orang. Artinya untuk menekan jumlah positif Covid-19 maka penyelenggara kegiatan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat.

Dikonfirmasi Sekretaris Tim Pemenangan Hamas-Apri M Zainuri mengaku bahwa tim Gugus Tugas Covid-19 sudah melakukan pemantauan di lokasi. 

"Tadi sudah Tim satgas Covid-19 turun mengecek ke lapangan silahkan konfirmasi dengan tim Covid," katanya singkat, Jumat (28/8).

Sementara Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bungo H Safaruddin Matondang menegaskan untuk lokasi sudah dilakukan pemantauan. "Yang jelas wajib protokol kesehatan. Dan wajib separoh kapasitas maksimal gedung itu," terangnya.

Sedangkan Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfhi dikonfirmasi terkait renca deklarasi Hamas-Apri menjelaskan bahwa prediksi massa konvoi sekitar 500 orang. Ditanya apakah jika melebihi kapasitas massa itu apakah sanksi yang diberikan. 

"Dihimbau saja, persuasif dahulu," katanya.

Kapolres juga menanggapi pernyataan Mendagri soal calon kepala daerah yang bikin keramaian dibully saja. Menurutnya gagasan Mendagri pada saat pengarahan kemarin sangat bagus.

"Beliau menyarankan kepada KPU pada saat debat kandidat, spesifik materi debat tentang penanganan Covid-19, baik dari sisi kesehatan masyarakat maupun ekonomi. Beliau menyarankan untuk sosialisasi/kampanye, lebih bagus membagikan masker atau hand sanitizer atau perlengkapan lain dalam mencegah Covid-19, masker bisa ada gambar paslon daripada cara yang konvensional bagi-bagikan kaos. Sedikit tambahan yang disampaikan Mendagri yang saya ingat," paparnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Bungo Abdul Hamid dikonfirmasi terkait deklarasi Hamas-Apri menegaskan bahwa calon wajib mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

"Yang jelas calon dan pengikutnya wajib protokol kesehatan. Jumlah peserta deklarasi tidak boleh 50 persen jumlahnya dari kapasitas maksimal. Memang saat ini belum ada kewenangan kami memanggilnya. Tapi tolong patuhi saja," tegas Hamid. (red)