Hasil Tes Swab Habib Rizieq Keluar, Positif atau Negatif, Kuasa Hukum: Urgensinya Apa?

Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar mengatakan, bahwa hasil tes swab Habib Rizieq Shihab yang dilakukan pada Jumat (27/11/2020) kemarin sudah keluar.

Hasil Tes Swab Habib Rizieq Keluar, Positif atau Negatif, Kuasa Hukum: Urgensinya Apa?
Habib Rizieq Shihab. (Foto: Ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar mengatakan, bahwa hasil tes swab Habib Rizieq Shihab yang dilakukan pada Jumat (27/11/2020) kemarin sudah keluar.

Namun kata Aziz, pentolan FPI itu enggan mempublikasikan hasil swab tersebut.

"Hasil beliau menyatakan bahwa hasil swab beliau untuk tidak dipublikasikan, dan itu diketahui dalam undang-undang dan dilindungi oleh HAM (Hak Asasi Manusia)," katanya kepada wartawan saat ditemui di lobi Rumah Sakit (RS) Ummi, Sabtu (28/11/2020).

Ia juga menanggapi kaitan swab test ulang yang akan dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor, terhadap Habib Rizieq.

Ia menjelaskan, selama ini hasil swab yang dirinya ketahui itu merupakan hak pribadi dan dilindungi HAM.

"Urgensinya apa?, sekarang memang tidak hanya beliau, yang lain tidak ada? Setahu saya berkali-kali hasil dari dulu nama pasien dirahasiakan," jelasnya.

Ia juga menilai, Satgas Covid-19 Kota Bogor terlalu mempolitisasi Habib Rizieq dalam segi kesehatan.

"Artinya, kenapa ini telak banget kepada Habib Rizieq, ada apa gitu. Janganlah permasalahan kesehatan dan dipolitisasi manfaat apalagi, unsurnya kebencian dan ketidak sukaan? Artinya kita tetap kesehatan dan hukum dikedepankan," ucapnya.

Ketika ditanya berarti Habib Rizieq tidak merasa positif Covid-19, Azis tidak ingin menjawab, namun ia mengatakan bahwa kondisinya saat ini baik-baik saja. Mengenai pentolan FPI positif atau tidak itu kaitannya kepada pihak RS Ummi.

Ia juga menilai, Satgas Covid-19 Kota Bogor terlalu mempolitisasi Habib Rizieq dalam segi kesehatan.

"Bukan merasa itu, Habib ini saat ini keadaan sehat walafiat, dan tidak ada masalah terkait Covid-19 Insya Allah," kata Aziz.

"Itu yang menjelaskan mungkin pihak rumah sakit. Dan saya sampaikan, itu adalah hak setiap pasien kemudian untuk memberitahukan hasilnya kepada publik itu hak dari pasien," sambungnya.

Ia juga mengklaim, bahwa Habib Rizieq juga dalam waktu dekat akan segera beraktifitas kembali seperti semula.

"Nggak lama, insya Allah beberapa hari lagi udah sehat kok, lagi istirahat saja," pungkasnya.

Sumber: Suara.com
Editor: Ari