Hingga Hari Kedua, Pendaftaran Cagub Perseorangan Masih Nihil

Hingga Hari Kedua, Pendaftaran Cagub Perseorangan Masih Nihil
Komisioner KPU Provinsi Jambi M Sanusi (Dewi Anita/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Jalur pendaftaran perseorangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 23 September mendatang, sepi peminat.

Hingga kemarin Senin (17/2) hari kedua penyerahan dokumen dukungan minimal perseorangan Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur, terpantau tidak ada kandidat yang mendatangi kantor KPU Provinsi Jambi.

Untuk diketahui, penyerahan dokumen dukungan minimal perseorangan Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur dimulai sejak tanggal 16 sampai dengan 20 Februari 2020.

Bahkan, hingga kemarin belum ada satu kandidat pun yang datang untuk berkonsultasi terkait persyaratan mencalonkan diri melalui jalur non partai tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi, M. Sanusi. Dia menyebutkan, jika pihaknya sejak dibuka pihaknya sudah standbye menunggu hingga pukul 16.00 WIB.

"Hari kedua pendaftaran calon perseorangan Gubernur jalur perseorangan belum ada yang mendaftar, namun kami tetap menjalankan sesuai proses," katanya.

Dia mengatakan, jika KPU tetap punya asumsi bahwa hingga hari terakhir pendaftaran yakni 20 Februari mendatang pukul 24.00 ada yang mendaftar melalui jalur perseorangan ini.

"Kita asumsikan hingga hari terakhir tanggal 20 tetap ada yang mendaftar,” ucapnya.

Dirinya berharap, jalur perseorangan yang disiapkan sebagai alternatif sesuai regulasi ini ada yang memanfaatkan pada Pilgub Jambi 2020 ini.

"Jangan sampai momentum Pilkada 2020 tanpa bakal calon perseorangan. Memang secara langsung maupun tidak langsung belum ada yang berkoordinasi ke kita," pungkasnya.

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi