ISPU Meningkat Muarojambi Sore Kembali Diselimuti Kabut Asap

ISPU Meningkat Muarojambi Sore Kembali Diselimuti Kabut Asap
Wilayah Muarojambi Diselimuti kabut asap. (Romi/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Hujan turun sempat membuat ibu kota Kabupaten Muarojambi, Sengeti dan Kecamatan Jaluko, bebas dari kabut asap. Namun, dua hari belakangan kabut asap kembali menyelimuti dua kecamatan ini. Meski tidak terlalu tebal, kabut asap cukup menggangu penglihatan dan pernafasan. 

Munculnya kabut asap di Lingkungan Perkantoran Bupati Muarojambi, Sengeti, turut mempengaruhi indeks standar pencemaran udara (ISPU) di wilayah ini. Angka ISPU yang sebelumnya telah di bawah 50 (baik) secara perlahan meningkat. 

"Hari ini ISPU masih kategori sedang, sekarang berada pada angka 90. Sebelumnya sempat turun diangka 50," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muaro Jambi, Firmansyah saat dikonfirmasi Selasa (15/10).

Meskipun terjadi peningkatan ISPU di wilayah Muaro Jambi, Dinas Lingkungan Hidup belum memberikan rekomendasi terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meliburkan anak sekolah. 

"Belumlah, kan masih normal. Belum berbahaya," katanya. 

Meski ISPU belum masuk kategori tidak sehat, Firmansyah tetap mengimbau agar siswa tidak melakukan aktivitas di luar ruangan serta selalu mengenakan masker ketika keluar dari rumah. 

"Dan usahakan minum air putih lebih banyak dari biasanya, supaya terhindar dari ISPA," ujarnya. (RED)

Kontributor : Romi