Jokowi Lantik Megawati dan Dewan Pengarah BRIN

Presiden Joko Widodo melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini. Salah satu nama yang akan dilantik hari ini adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri.

Jokowi Lantik Megawati dan Dewan Pengarah BRIN
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Universitas Pertahanan)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini. Salah satu nama yang akan dilantik hari ini adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengonfirmasi kabar pelantikan Megawati itu. Akan tetapi, ia tak mengungkap nama lain yang masuk dalam Dewan Pengarah BRIN.

"(Pelantikan) BRIN, dewan. Iya (Megawati)," ucap Heru lewat keterangan tertulis, Rabu (13/10).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan dilaksanakan pada 13.00 WIB. Jokowi akan melantik Megawati dan sejumlah anggota Dewan Pengarah BRIN di Istana Negara, Jakarta.

BRIN didirikan pada 2019 menyusul Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Pada awalnya, BRIN dipimpin oleh Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Tahun ini, Jokowi melebur Kemenristek dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. BRIN pun berdiri menjadi lembaga sendiri.

Saat ini, BRIN dipimpin Laksana Tri Handoko. Badan itu menaungi sejumlah lembaga riset yang terlebih dulu ada, seperti LIPI, Batan, dan Lapan.

Selain pelaksana, BRIN juga memiliki Dewan Pengarah. Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 menyebut Ketua Dewan Pengarah BRIN adalah pejabat Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Jabatan itu diduduki oleh Megawati Soekarnoputri.

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Ari