Kini Jalur Padang-Pekanbaru Bisa Via Solok

Kini Jalur Padang-Pekanbaru Bisa Via Solok

BRITO.ID, BERITA PADANG - Dinas Perhubungan Sumatera Barat merekomendasikan masyarakat dari Pekanbaru menuju Padang dan sebaliknya melewati jalur Solok, karena jalur utama melewati Padangpariaman belum bisa dilewati akibat jembatan putus.

"Ada dua alternatif yaitu melewati Solok atau melewati Malalak Agam terus ke Sicincin Padangpariaman. Namun lebih direkomendasikan lewat Solok," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani di Padang, Selasa (11/12).

Menurutnya jalur Sicincin-Malalak kondisi jalannya cukup baik, tetapi kadang diselimuti kabut tebal hingga jarak pandang terbatas.

Selain itu, jika curah hujan tinggi jalur itu juga masih rawan longsor hingga bisa membahayakan pengendara.

Jalur Solok melewati Danau Singkarak terus ke Sitinjau Laut relatif lebih aman bagi pengendara sehingga lebih direkomendasikan.

Meski ada beberapa titik yang rawan longsor, tetapi ada alat berat yang stand by di sekitar lokasi sehingga bisa segera diatasi.

"Namun kalau hujan sangat lebat, sebaiknya ditunda dulu perjalanan hingga reda agar lebih aman," sarannya.

Jalan Pekanbaru-Padang melewati jalur utama via Padangpariaman putus total karena satu unit jembatan di Kelok Pinyaram, Kayu Tanam putus akibat hujan lebat, Senin (10/12) malam.

Longsor juga terjadi di beberapa titik sehingga jalan tidak bisa dilewati.

Kepala BPBD Sumbar E Rahman menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait diantaranya Balai Jalan dan Dinas PU Sumbar untuk segera memperbaiki jembatan tersebut agar bisa segera dilewati secepatnya. (red)