Ma'ruf Amin Ingatkan Sandi Jangan Sungkan Berdebat dengan Dirinya

Ma'ruf Amin Ingatkan Sandi Jangan Sungkan Berdebat dengan Dirinya

BRITO.ID, BERITA SERANG - Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin mengingatkan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, agar tidak perlu sungkan dalam menghadapi debat Capres ketiga, yang menampilkan cawapres 01 dan cawapres 02.

"Debat Capres itu mekanismenya sudah diatur oleh KPU. Sehingga santai saja menghadapi debat, tidak perlu sungkan menghadapi kiai seperti saya," kata KH Ma'ruf Amin, di kediamannya di Menteng, Jakarta, Selasa, sesaat sebelum berangkat ke Serang.

KH Ma'ruf Amin mengatakan hal itu, menjawab pertanyaan pers, yang menanyakan pernyataan Sandiaga Uno, bahwa dirinya agak sungkan berdebat dengan kiai senior.

Menurut Ma'ruf Amin, dalam Debat Capres itu, peserta debat adalah menjawab pertanyaan dari panelis yang disampaikan oleh moderator dan menjawab pertanyaan peserta debat lainnya. "Waktunya pun sudah diatur oleh KPU," katanya.

Mustasyar PBNU ini juga mengingatkan, yang prinsip dalam debat Capres menjawab dengan sopan dan santun. "Bukan hanya Pak Sandi ke saya, saya juga yang lebih tua ke yang muda harus sopan. Harus saling menghormati," ujar Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf menyatakan, mengapresiasi rasa hormat Sandiaga. Namun berdebat dengan ulama bukan berarti tak menghormati. "Kita saling menghormati dengan cara yang santun, tetapi kita juga harus mengikuti aturan KPU," kata Kiai Ma'ruf.

Dalam Debat Capres, kata Kiai Ma'ruf, KPU telah mengatur mekanisme debatnya. "Adanya perbedaan pandangan, bukan berarti tidak saling menghormati, tapi menyampaikan pandangan secara santun," katanya dilansir Antara.

KPU akan menyelenggarakan Debat Capres ketiga, menampilkan Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin dan Cawapres 02 Sandiaga Uno, pada 17 Maret 2019. (red)