Mulai 1 Juli, Di Jambi Belanja Dilarang Pakai Kantong Plastik

Mulai 1 Juli, Di Jambi Belanja Dilarang Pakai Kantong Plastik

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sesuai kesepakatan yang ditanda tangani para pelaku usaha dengan Pemerintah Kota Jambi beberapa waktu lalu, mulai 1 juli 2019 tidak lagi diperbolehkan berbelanja menggunakan kantong plastik.

 

Disampaikan Ardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, pada bulan juli nanti pihaknya akan melakukan evaluasi terkait dengan penegakan atau penerapan peraturan tersebut.

 

Jika para pelaku usaha yang menanda tangani MOU kemarin melanggar dari ketentuan yang ada, maka pihaknya tak segan memberikan sanksi administrasi. Sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 61 tahun 2018 tentang pembatasan penggunaan kantong belanja plastik.  “Apabila teguran tertulis tidak dilaksanakan oleh mereka maka ada ketentuan hukum yang lain yaitu bisa saja dengan pembekuan izin,” jelas Ardi.

 

“Kemarin kita juga sudah menyarankan terlebih dahulu bagi para usaha yang masih memiliki stok rata-rata plastik bisa direturkan atau diberikan kepada cabang-cabang yang belum menegakan peraturan,” pungkas Ardi. (RED)

 

Reporter : Dewi Anita