Pencari Kerja di Muarojambi Jambi Menurun Drastis

Jumlah pencari kerja di Muarojambi mengalami penurunan yang cukup drastis. Sepanjang 2019 hingga 2020, jumlahnya menurun ratusan orang.

Pencari Kerja di Muarojambi Jambi Menurun Drastis
Ilustrasi

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Jumlah pencari kerja di Muarojambi mengalami penurunan yang cukup drastis. Sepanjang 2019 hingga 2020, jumlahnya menurun ratusan orang. 

"Dalam dua tahun ini, jumlah masyarakat yang minta kartu kuning di Disnakertrans Muarojambi untuk pencari kerja mengalami penurunan, mungkin disebabkan pandemi COVID-19," kata Akmal Kabid Penempatan dan Perluasan 
Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Muarojambi Rabu (28/7/21).

Berdasarkan data yang diterima, angka pencari kerja pada tahun 2019 sebanyak 1.279 orang, sementara pada tahun 2020 sebanyak 904 orang. Dari jumlah angka pencari kerja tersebut  didominasi yang tamatan SMA dan SMK.

"Dari 904 pencari kerja tahun 2020 yang terdaftar di Disnakertrans, hanya 195 orang yang mendapatkan penempatan," kata Akmal.

Sementara untuk tahun 2021 ini, kata Akmal masih sepi yang mendatangi kantor Disnakertrans untuk mendapatkan kartu pencari kerja tersebut.

"Hampir setiap hari tidak ada yang melakukan pengambilan kartu pencari kerja tersebut, jumlah pastinya belum diketahui dan belum direkap," sebutnya.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi