Ratusan Depot Air Minum di Muarojambi Tidak Pernah Periksa Kualitas

Berdasarkan Permenkes No. 492 Tahun 2020, kualitas air minum diawasi oleh pemerintah melalui dinas kesehatan setempat.

Ratusan Depot Air Minum di Muarojambi Tidak Pernah Periksa Kualitas
Sekretaris Dinkes Muarojambi Yes Isman (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Berdasarkan Permenkes No. 492 Tahun 2020, kualitas air minum diawasi oleh pemerintah melalui dinas kesehatan setempat. 

Di Kabupaten Muarojambi sendiri, saat ini ada ratusan depot air minum isi ulang yang sudah dikeluarkan rekomendasinya oleh Dinas Kesehatan Muarojambi. Namun dari jumlah tersebut, tak sampai setengahnya saja yang rutin memeriksakan kualitas air minumnya ke Dinkes. 

"Dari 328 depot air minum isi ulang yang sudah dikeluarkan rekomendasinya, yang rutin memeriksakan kualitas air minumnya hanya 90 DAMIU," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Muarojambi Yes Isman Jum'at (21/7/21). 

Seharusnya, kata Yes Isman, pihak pengusaha DAMIU rutin memeriksakan kualitas airnya dua kali dalam setahun. Imbauan sudah mereka lakukan namun tak digubris oleh pemilik DAMIU.

"Seharusnya dua kali setahun rutin dipantau namun yang masih rajin cuma 90 itu, yang lain sudah sering diimbau oleh tenaga Kesling namun belum ada yang mengindahkan," kata Yes Isman.

Apakah ada sanksi bagi pengelola DAMIU yang enggan memeriksa kualitas air mereka?. Yes Isman menyebut tak bisa menjatuhkan sanksi lantaran terkendala aturan. 

"Sejauh ini belum bisa ditindak karena belum ada Perdanya. Dan ini jadi PR kita Dinkes untuk mengajukan Perda tentang pengawasan DAMIU agar wajib diperiksa. Selama ini sudah diajukan namun belum masuk dalam Prolegda," kata Yes Isman. 

Menurut dia, pemeriksaan kualitas air minum untuk DAMIU ini juga bisa menjadi salah satu penyumbang PAD bagi Muarojambi. Adapun komponen yang diperiksa tersebut, mulai dari fisik, kimiawi hingga bakteriologi. 

"Pemeriksaan ini bisa di Labor kita bisa juga di luar. Untuk parameter itu ada beberapa parameter, 1 parameter itu biayanya Rp50 ribu, kan bisa untuk tambahan PAD juga," kata Yes Isman.

Pihaknya melalui media ini juga mengimbau para pengusaha DAMIU untuk rutin memeriksakan kualitas air minumnya ke Dinkes Muarojambi.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi