Refleksi Pengawasan Pemilu, Bawaslu: Mencegah Lebih Baik Ketimbang Mengobati

Refleksi Pengawasan Pemilu, Bawaslu: Mencegah Lebih Baik Ketimbang Mengobati
Sosialisasi Refleksi Pengawasan Pemilu 2019 di Jambi. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka kilas balik penyelenggaraan pengawasan pemilu 2019. 

Sekitar 300 peserta hadir berbagai unsur seperti pemerintahan, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, disabilitas, media, BEM.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan kegiatan ini sangat penting karena mengundang berbagai unsur masyarakat. Sehingga diharapkan semua aspek dapat memahami mengenai pengawasan pemilu.

Asnawi berharap Pilkada yang akan dilaksanakan 2020 mendatang dapat berjalan untuk kemajuan Provinsi Jambi.

"Kita akan mengadakan pilkada serentak. Kita bersama-sama berdiskusi dan mendatangkan pemateri memberikan masukan termasuk catatan mengenai pemilu. Kedepan pemilu Kabupaten-Kota kita berharap akan betul-betul berjalan baik untuk perkembangan Provinsi Jambi," ujar Asnawi, Senin (30/9).

Selanjutnya anggota Bawaslu RI, Afifuddin sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memahami fungsi pengawasan yang akan di laksanakan jajaran pengawas pemilu.

Dirinya menghimbau diperlukan penyamaan persepsi dalam pencegahan pelanggaran dalam pemilu. Bahkan pencegahan merupakan prioritas sebelum pelanggaran sulit di perbaiki.

"Melaksanakan fungsi pengawasan yang sudah dilakukan yang pertama mencegah, karena dianggap lebih baik mencegah dari mengobati. Kita merefleksikan hasil pengawasan di Jambi seperti apa nah kita mengevaluasi apa yang kurang maksimal sebagai bahan masukan untuk pilkada di Jambi," pungkasnya. (RED)

Reporter : Dewi Anita