Serahkan Dana Hibah Sebesar Rp15 Juta ke Pesantren, Bupati Mashuri: Semoga Bisa Membantu Saat COVID-19 Ini

Serahkan Dana Hibah Sebesar Rp15 Juta ke Pesantren, Bupati Mashuri: Semoga Bisa Membantu Saat COVID-19 Ini
Bupati Bungo Mashuri didampingi Wabup dan Sekda serahkan Dana Hibah bagi Pondok Pesantren (brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Bupati Bungo lakukan penyerahan dana hibah kepada pondok pesantren berlangsung di ruang pola kantor Bupati, Kamis (11/06).

Turut hadir dalam kesempatan ini wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto, Sekda Bungo Mursidi, staf ahli Bupati, Unsur Forkopimda, Kepala OPD di Lingkup Kabupaten Bungo, Kemenag Bungo, dan para Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di dalam Kabupaten Bungo.

Diawali dengan laporan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo Masril menyampaikan. Dasar-dasar dilaksanakan penyerahan dana hibah kepada pondok pesantren dalam kabupaten Bungo berdasarkan peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011 yang terakhir dengan peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 123 tahun 2018 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kemudian keputusan Bupati Nomor 267 tahun 2020 tentang pemberian dana hibah atas beban anggaran pendapatan dan belanja daerah kepada pondok pesantren Kabupaten Bungo Tahun anggaran 2020.

"Masril menyampaikan sebanyak 31 pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bungo dengan rincian masing-masing pondok pesantren akan mendapat Rp.15jt, yang jumlah keseluruhannya sebanyak Rp.465 juta," katanya.

Di tahun 2019 masing-masing pondok pesantren mendapatkan dana hibah sebesar Rp.10 juta, per pondok pesantren dan di tahun 2020 mengalami kenaikan bagi pengurus Pondok Pesantren.

Sementara itu Kemenag Bungo M Iqbal mengatakan Pimpinan pondok pesantren mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Pak Wabup bahwa khususnya pemerintah daerah.

Dia menambahkan saat wabah COVID-19 memang berdampak kehidupan saat ini. Dibandingkan dengan madrasah-madrasah, pondok-pondok pesantren yang terlihat terkena dampak Covid19 ini.

Bupati Bungo H.Mashuri, SP, ME juga mengatakan bersama pimpinan pondok pesantren dalam kabupaten Bungo menyerahkan bantuan bagi Pondok Pesantren secara simbolis.

Walaupun dana hibah dari pemerintah Kabupaten Bungo ini hanya Rp15 juta pemerintah berharap ini bisa meringankan dan membantu pondok pesantren.

"Kita tahu pondok pesantren biasanya hidup dari masyarakat dari wali murid kemudian biaya personalnya saat ini terdampak COVID-19 itu juga berdampak kepada pondok pondok pesantren dan anak-anak," kata Bupati.

Santri yang ada di Pondok sudah rata-rata pondok sudah dipulangkan ke orang tuanya masing-masing.

"Saya berharap dengan uang segitu juga bisa bermanfaat bagi pimpinan pondok pesantren dan anak-anak kita," katanya Bupati. (red/Adv)