Ternyata Ini Arti Burung Kecik, Ciling Mato yang Diungkapkan HBA Terkait Pilgub Jambi

Hasan Basri Agus (HBA) kembali angkat bicara terkait dorongan masyarakat yang menginginkannya untuk mengikuti konstalasi Pilgub Jambi. Dia menggunakan seloko Jambi "Burung Kecik, Ciling Mato"

Ternyata Ini Arti Burung Kecik, Ciling Mato yang Diungkapkan HBA Terkait Pilgub Jambi
Hasan Basri Agus.

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Hasan Basri Agus (HBA) kembali angkat bicara terkait dorongan masyarakat yang menginginkannya untuk mengikuti konstalasi Pilgub Jambi. Dia menggunakan seloko Jambi "Burung Kecik, Ciling Mato"

Penggunaan seloko itu mejadi tanda tanya sejumlah pihak. HBA ingin menyampaikan sesuatu melalui seloko Jambi itu, terkait Pilgub Jambi. Sejumlah asumsi muncul. Apakah seloko Jambi itu mengandung makna yang bersayap? Apakah seloko itu menyatakan sikap HBA mau atau tidaknya dalam Pilgub Jambi?

Ahli bahasa di Jambi Nukman Permindo menyebutkan, seloko burung kecik, ciling mato itu memiliki makna negatif. Menurutnya arti seloko itu menggambarkan kesalahan orang lain nampak, sementara kesalahan diri sendiri tak tampak. Sama halnya dengan tipe orang yang tidak berkomitmen.

"Inikan istilah bahasa yang sangat dalam. Apa lagi yang menyampaikan istilah ini adalah mantan orang nomor satu di Provinsi jambi. Tentunya ada maksud yang akan disampaikan. Makna yang tersirat arti dari burung kecik, ciling mato adalah kesalahan orang lain kelihatan, sementara kesalahan dirinya sendiri tidak tahu," kata ahli bahasa dan sastra kuno di Jambi ini.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Bahasa Jambi Syaiful Bahri Lubis memiliki pendapat berbeda terkait seloko Jambi ini. Menurut Syaiful, arti dari burung kecik, ciling mato ini bermakna positif.

Menurut dia, "Burung Kecik, Ciling Mato bisa bermakna hati-hati, waspada dan banyak perhitungan. Jika pun kita cermati dalam rilis HBA, bisa dimaknai bahwa dirinya (HBA) hanya melihat dan memantau.

Kata dia jika pun ada yang dibutuhkan darinya (HBA). seperti memberi sumbang saran terhadap pembangun Jambi Ia akan bersedia.

"Buruk kecik, ciling mato bisa diartikan orang yang merendah. Jika dimintai saran dan pemikiran dalam pembangunan dan apapun itu, dia akan bersedia. Apalagi dalam rilisnya tertuang HBA menyebutkan yang maju dalam pemilihan gubernur ini adalah putra putra terbaik Jambi. Tentunya dia sangat mendukung dan melihat dari luar dan mengawasi," kata Syaiful. (red)

Penulis: Syaiful Amri