Tidak Penuhi Unsur, Dugaan Kampanye Masa Tenang Partai Gerindra Dihentikan

Tidak Penuhi Unsur, Dugaan Kampanye Masa Tenang Partai Gerindra Dihentikan

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Bawaslu Kota Jambi bersama Sentra Gakkumdu memutuskan untuk tidak memasukkan informasi awal, terkait dugaan kampanye pada masa tenang yang dilakukan caleg Gerindra Kota Jambi Dapil III. Proses penelusuran dihentikan dan tidak diregister.

Ketua Bawaslu Kota Jambi, Ari Juniarman mengatakan bahwa tim sebelumnya sudah melakukan penelusuran terkait informasi awal yang masuk kepada dirinya sebelumnya. Pihaknya juga sudah merekomendasikan kepada KPU untuk memecat ketua KPPS yang menyebarkan C6 tersebut disertai dengan bahan kampanye caleg. "Untuk pemecatan itu sudah dilakukan oleh KPU," jelasnya. 

Ari mengatakan, bukan hanya itu, pihaknya juga memanggil ketua KPPS untuk dilakukan klarifikasi. Hasil dari klarifikasi itulah pihaknya membahas bersama di Gakkumdu. "Hasilnya kami hentikan penelusuran karena tidak ada unsur pidana," ujarnya.

Penghentian dan tidak diregisternya kasus ini dikarenakan tidak ada pasal ke caleg tersebut yang masuk dalam unsur tindak pidana. Unsur pidana yang bisa ditindak ini pada masa tenang adalah melakukan kampanye terbuka (rapat umum) serta iklan di media massa.

"Alasan itulah yang membuat kasus ini dihentikan. Karena kasus ini dihentikan, maka kami tidak akan memanggil caleg yang bersangkutan untuk dimintai keterangan," jelasnya. (red)

Reporter: Dewi Anita