TikTok Ogah Jual Seluruh Bisnisnya di AS

TikTok dilaporkan tengah berupaya untuk tidak menjual seluruh bisnisnya di Amerika Serikat ke perusahaan lain. Laporan ini muncul setelah banyak perusahaan Amerika Serikat yang menyatakan tertarik membeli TikTok. Informasi ini diketahui dari laporan Wall Street Journal beberapa waktu lalu.

TikTok Ogah Jual Seluruh Bisnisnya di AS
TikTok (ist)

BRITO.ID, BERITA CALIFORNIA - TikTok dilaporkan tengah berupaya untuk tidak menjual seluruh bisnisnya di Amerika Serikat ke perusahaan lain. Laporan ini muncul setelah banyak perusahaan Amerika Serikat yang menyatakan tertarik membeli TikTok. Informasi ini diketahui dari laporan Wall Street Journal beberapa waktu lalu.

Menurut laporan tersebut, ByteDance sebagai pemilik TikTok sedang dalam negosiasi dengan pemerintah AS agar lini bisnis mereka tidak dijual sepenuhnya.

Sayang, perusahaan asal China itu belum buka suara terkait laporan ini.

Sementara menurut laporan dari The Journal, masih ada sejumlah pilihan bagi ByteDance. Diskusi tentang menghindari penjualan seluruh operasi TikTok di AS ini telah berlangsung selama berbulan-bulan, demikian dikutip dari Business Insider, Jumat (11/9/2020)

Namun, dengan opsi tidak menjual seluruh perusahaan, menurut laporan itu, TikTok disebut akan memiliki kesempatan melakukan restrukturasi internal yang sejalan dengan permintaan pemerintah Amerika Serikat.

Persaingan untuk mendapatkan aset TikTok senilai antara $ 20 miliar dan $ 50 miliar, sudah memunculkan banyak nama, di antaranya Microsoft, Oracle, Walmart, dan SoftBank yang disebut-sebut sebagai pembeli potensial.

Pelopor dalam perang penawaran tampaknya menjadi dua kelompok yakni Microsoft dan Walmart yang didukung oleh CEO ByteDance, dan satu lagi dari Oracle, yang mendapat dukungan dari Presiden Trump dan sekelompok investor AS ByteDance.

Sumber: Sindonews
Editor: Ari