Tolak Jadi Narasumber Seminar Perdukunan, Gus Miftah: Kok Nama Saya Ada di Dalamnya Ya?

Gus Miftah protes dan meminta klarifikasi karena namanya dicatut dalam Seminar Internasional bertemakan Dukun dan Perdamaian Dunia di Banyuwangi. Bahkan Gus Miftah menegaskan bakal menolak mengisi kegiatan tersebut.

Tolak Jadi Narasumber Seminar Perdukunan, Gus Miftah: Kok Nama Saya Ada di Dalamnya Ya?
Gus Miftah. (Ist)

BRITO.ID, BERITA BANYUWANGI - Gus Miftah protes dan meminta klarifikasi karena namanya dicatut dalam Seminar Internasional bertemakan Dukun dan Perdamaian Dunia di Banyuwangi. Bahkan Gus Miftah menegaskan bakal menolak mengisi kegiatan tersebut.

"Kalau toh temanya diganti karena imagenya awal itu dari perdukunan dan lain sebagainya, sempat rame persantetan, saya tetap tidak mau," kata Gus Miftah kepada detikcom, Jumat (19/2/2021).

Seminar Internasional tentang perdukunan tersebut rencananya akan digelar oleh GP Ansor Banyuwangi pada tanggal 6 Maret 2021. Namun dalam pamflet tertera logo Perdunu (Persatuan Dukun Nusantara) Indonesia yang beberapa waktu lalu menuai kontroversi di masyarakat.

Dalam pamflet tersebut Gus Miftah didapuk sebagai keynote speaker dan disandingkan dengan pemateri yang merupakan Ketua Umum dan Sekjen Perdunu. Pencatutan nama tersebut, kata Gus Miftah, membuat nama baiknya tercoreng.

"Ini saja saya masih banyak dikomplain sama kiai-kiai. Kok malah ngurip-nguripi (menghidupkan) perdukunuan itu bagaimana gus? Imagenya ke saya jadi jelek banget gitu lho. Sembrono menurut saya itu panitia," sesal Gus Miftah.

"Walaupun ganti tema toh penyelenggaranya perdukunan itu tetap saya gak akan ikut. Karena tema ngaji saya selama ini adalah Islam yang rasional. Jadi kalau kemudian kaitannya dengan itu jelas merusak image saya. Makanya saya gak mau," tegas Gus Miftah.

Gus Miftah, dai kondang asal Yogyakarta meminta klarifikasi seiring beredarnya pamflet Seminar Internasional tentang Dukun di Banyuwangi. Gus Miftah mengaku tak dikonfirmasi terkait acara tersebut.

Pamflet itu beredar di Banyuwangi sejak beberapa waktu lalu. Namun, hari ini, Jumat (19/2/2021) muncul permintaan klarifikasi Gus Miftah, melalui akun medsos-nya.

"Klarifikasi........ saya tidak ada konfirmasi dengan acara ini, saya tidak tahu sebelumnya, kok nama saya ada di dalamnya ya?" tulis Gus Miftah di akun instagramnya.

Dalam pamflet tersebut, muncul foto Gus Miftah sebagai salah satu keynote speaker. Selain Gus Miftah, juga tercantum nama Gus Rofiq selaku staf ahli supranatural Gus Dur sebagai keynote speaker.

Pamflet tertera logo PC GP Ansor Banyuwangi, Matan Banyuwangi, dan Perdunu. Kemudian terdapat tulisan Seminar Internasional bersama Ansor Banyuwangi Mewujudkan Perdamaian Dunia,

Selain dua pemateri diatas, adapula pemateri yakni Mochtar Nabeel (Pengamat Supranatural dari Universitas Al-Azhar), Abdul Fatah Hasan (Ketua Umum Perdunu), Fatchan Himami Hasan (Bendum PC GP Ansor Banyuwangi), dan Ali Nurfatoni (Sekjen Perdunu).

Sumber: detikcom
Editor: Ari