Begini Kronologis Lengkap Malaysia Airlines Mendarat Darurat di Bandara Jambi

Begini Kronologis Lengkap Malaysia Airlines Mendarat Darurat di Bandara Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Maskapai Malaysia Airline dengan nomor penerbangan MH-724 jenis Boeing 737-800, Senin (25/2/2019) malam mendarat darurat di bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi. 

Ganeral Manager (GM) PT Angkasa Pura II Jambi, Yogi membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, pesawat dengan jadwal penerbangan Jakarta tujuan Kuala Lumpur ini mengalami gangguan teknis, pada bagian pesawat.

"Pesawat tersebut mendarat 09.50 di bandara dengan penumpang 120 dan kru 7 orang.terbang lagi sekitar 01.59," jelasnya saat diwawancarai.

Saat kejadian, pihak AP II tambah Yogi langsung koordinasi dengan pihak terkait seperti Imigrasi, Balai Karantina dan Bea Cukai. Hal ini ditujukan menjaga adanya kemungkinan penumpang harus turun pesawat. Karena secara aturan penerbangan internasional, penumpang dan kru tidak boleh turun dari pesawat.

"Kita jaga-jaga jika terjadi hal-hal seandainya penumpang turun dari pesawat. Status mereka kan penumpang tak dikenal. Itu adalah aturan internasional penerbangan dunia," tambahnya.

Yogi juga menjelaskan mengapa Jambi pilihan tepat untuk mendarat karena wilayah terdekat untuk mendarat.

Nizwar, GM Airnav menambahkan koordinasi dari pihak maskapi jika ada pesawat tersebut akan mendarat di Jambi dilakukan sekitar pukul 21.22 Wib. "Koordinasi dulu sebelum pukul 21.22 Wib," sebutnya. (red)

Reporter: Dewi Anita