Corona Mulai Mengkhawatirkan, Seluruh OPD di Pemkot Jambi Dikumpulkan Wawako

Corona Mulai Mengkhawatirkan, Seluruh OPD di Pemkot Jambi Dikumpulkan Wawako
Maulana Saat Memimpin Rapat Bersama OPD (Dewi Anita/BRITO.ID)

BRITO.ID,BERITA JAMBI - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona di Kota Jambi, Pemkot Jambi mengadakan Rapat Penanganan COVID 19 & Pembentukan Gugus Tugas, di Rumdis Wawako, Minggu (15/3/2020) yang dihadiri kepala OPD terkait di lingkup Pemerintahan Kota Jambi.

Wakil Walikota Jambi Maulana menyampaikan beberapa hal untuk persiapan tersebut dan meminta Dinas- dinas terkait untuk memastikan kesiapsiagaan pencegahan menyebarnya virus Corona.

Dishub Kota Jambi diintruksikan agar bekerjasama dengan Polresta dan Dandim Jambi untuk memantau perbatasan dan bandara, untuk mengecek kedatangan para penumpang yang datang dari luar ke Kota Jambi.

Sementara itu, Dinas kesehatan Kota Jambi diintruksikan untuk memastikan SOP di Puskesmas secara ketat, semua pasien yang masuk ke Puskesmas harus disiapkan hand sanitizer, Maulana meminta kepada setiap rumah sakit dan Puskesmas untuk menyiapkan ruangan khusus ICU yang saat ini jumlah ruangan yang kurang mencukupi bagi masyarakat yang terjangkit virus corona.

"Karena berdasarkan data WHO yang wajib dirawat di ruang ICU sekitar 5000, dari 5000 yang masuk ICU mengenai corona 3000 meninggal dan 2000 selamat," jelas Maulana.

Selain itu, Satpol PP diperintahkan untuk memantau dan melakukan pembinaan mall, tempat hiburan, tempat karaoke, untuk menyiapkan hand sanitizer.

“Apabila tidak mematuhi juga akan ada waktu-waktunya kita akan ambil tindakan sesuai dengan intruksi wakikota sampai pada penutupan fasilitas umum itu apabila tidak mampu menyiapkan fasilitas seperti yang disampaikan," tegas Maulana.

Guna untuk call center corona , Dinas kominfo Kota Jambi diminta untuk menyiapkan petugas call center 24 jam, untuk masyarakat yang akan menanyakan tentang gejala corona yang akan disiapkan oleh penanggulangan bencana, Damkar Kota Jambi.

Ditanyakan apakah status kota Jambi saat ini Wakil Walikota ini , menyatakan belum bisa menyimpulkan secara utuh,tergantung dari hasil rapat Senin ( 16/3/2020) besok.

"Untuk status kota Jambi baru bisa kita simpulkan usai rapat bersama Forkopimda besok,namun secara internal Pemerintah kita mulai dari Sekda sampai dengan OPD menetapkan status di kesiapsiagaan,” pungkasnya.

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi