FILM DOKUMENTER JAMBI: Hutan Kemasyarakatan Desa Air Terjun Kerinci

Tahun 2017, Desa Air Terjun, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci menerima lima Surat Keputusan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan SK IUPHKm.

FILM DOKUMENTER JAMBI: Hutan Kemasyarakatan Desa Air Terjun Kerinci
ILUSTRASI. Gunung Kerinci.

BRITO.ID - Tahun 2017, Desa Air Terjun, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci menerima lima Surat Keputusan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan SK IUPHKm.

Tonton videonya:

Lima Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Air Terjun yang menerima SK langsung dari Presiden RI, Joko Widodo. Lima KTH itu adalah Jirak Sakti dengan luas sekitar 51 hektare. Ada 61 anggota yang tergabung dalam KTH ini.

Baca Juga:  FILM DOKUMENTER JAMBI: Ada Cinta di Durian Rambun

Kedua adalah KTH Embun Pagi, yang beranggotakan 40 orang dengan luasan sekitar 60 hektare. Ketiga adalah KTH Sungai Telang dengan anggota 60 orang yang memiliki luas sekitar 58 hektare.

Keempat adalah KTH Bukit Tirai Embun dengan luas sekitar 82 hektare. KTH ini memiliki 42 anggota. Sementara kelima adalah KTH Danau Jeruwe dengan luas sekitar 72 hektare. Anggotanya berjumlah 62 orang.

Lima KTH ini sudah mulai menanam Kayu Manis, Sengon, Alpukat dan Suriyan. Bibitnya dibantu melalui FP II, PSKL KLHK. Selain bibit, setiap KTH juga mendapat pelatihan peningkatan kapassitas, seperti sekolah lapang.

Di Desa Air Terjun, KKI Warsi yang tekun mendampingi warga sejak sebelum keluarnya SK. Bahkan Warsi yang ikut mendorong keluarnya IUPHKm sebagai salah satu skema Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM).

Di desa ini banyak ditumbuhi pohon bambu liar. Tanaman ini bisa menjadi penambah pendapatan bagi masyarakat.

Ada potensi produk yang dihasilkan dari pohon bambu: tusuk sate, tusuk gigi dan sumpit. Melihat potensi, desa ini menerima bantuan peralatan produksi tusuk sate. Tonton film-film Jambi hanya di brito.id. Simak film dokumenter jambi: Hutan Kemasyarakatan Desa Air Terjun Kerinci. (red)

 
Executive Producer: BPSKL Wilayah Sumatera-KFW Jerman
Co Producer: Bram A Brito
Writer & Director: Yoga J Brito
Director Of Photography (DOP): Anton Rumah Obor
Editor: Anton Rumah Obor, Iman K Brito
Animator: Iman K Brito
 
Pruduced: Brito Pictures
Contact Us:
Bram Aprianto: 082379290500
Yoga Julestama: 081274087777