Duh! Wiranto dan Komplotannya Diciduk Polisi

Duh! Wiranto dan Komplotannya Diciduk Polisi
Dua pelaku dan barang bukti (BB) yang berhasil diamankan polisi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA LOMBOK TIMUR – Jangan salah persepsi dulu, Wiranto yang diciduk polisi ini bukan Wiranto yang ada dalam pikiran anda.

Namun, Wiranto yang diringkus polisi adalah pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang memiliki nama lengkap Wiranto Aris Munandar alias Wiranto, pria pengangguran berusia 35 tahun asal Dusun Gubuk Tengak, Desa Surabaya, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur.

Selain meringkus Wiranto, Tim Resmob Satreskrim Polres Lombok Timur (Lotim) juga menangkap Lalu Ari Kusumayadhi alias Ari (38), yang juga pengangguran, beralamat di Dusun Kampung Baru, Desa Janapria, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, atas kasus yang sama.

Atas laporan polisi yang masuk di Satreskrim Polres Lotim, Tim Resmob bergerak mengejar jejak para pelaku. Di mana, pada Selasa kemarin (15/10), sekitar pukul 14.00 WITA, tim Resmob Satreskrim Polres Lotim membuahkan hasil. Tim berhasil  menangkap 2 orang pelaku curanmor yang terjadi di beberapa TKP di wilayah hukum Polres Lotim.

Menurut keterangan yang disampaikan Kasat Reskrim Polres Lotim, AKP Md Yogi Purusa Utama, modus dan kronologi kejadian disebutkan bahwa pelaku yang berjumlah dua orang itu melakukan aksinya pada sore hari.

Di mana incaran pelaku adalah pengunjung pantai Labuhan Haji dan pantai Rambang, Sakra Timur. Pelaku menghampiri korban sambil mengancam korban. Selanjutnya pelaku meminta korban untuk menyerahkan kendaraan miliknya. Karena dalam posisi takut, korban pun menyerahkan sepeda motornya beserta konci asli sehingga pelaku dengan leluasa kabur membawa sepeda motor korban tersebut.

Kejadian ini pertama sejak beberapa bulan lalu yakni pada tanggal 22 Agustus 2019, pelaku melakukan aksinya dan berhasil membawa kabur sepeda motor korban jenis Yamaha Vixion. Saat beraksi, pelaku datang ke TKP menggunakan sepeda motor Honda PCX.

Peristiwa yang sama terjadi lagi pada tanggal 1 Oktober 2019 lalu. Pelaku melakukan aksinya dan berhasil membawa kabur sepeda motor korban jenis Honda CRF. Dalam aksinya, pelaku mendatangi TKP menggunakan sepeda motor Honda PCX.

"Para pelaku beraksi lagi tanggal 12 Oktober 2019. Dalam aksi ini, pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor korban jenis Honda CRF. Pelaku datang ke TKP menggunakan sepeda motor Honda CBR," katanya seperti dilansir Lomboktoday.co.id.

Kronologi penangkapan, kata Kasat, pelaku Wiranto Aris Munandar alias Wiranto ditangkap di rumahnya di Dusun Gubuk Tengak, Desa Surabaya, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lotim dan pelaku Lalu Ari Kusumayadi alias Ari ditangkap di rumahnya di Desa Janapria, Kecamatan Janapria, Kabupaten Loteng tanpa perlawanan.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Honda CBR yang digunakan pelaku mendatangi TKP dan sekaligus sepeda motor korban pencurian (curanmor) sebelumnya. Selain itu, satu unit sepeda motor Honda PCX milik pelaku yang digunakan saat beraksi, satu unit sepeda motor Honda CRF milik korban.

Kemudian, satu unit sepeda motor Honda Vixion juga milik korban, serta satu unit sepeda motor Honda Beat milik korban. Sehingga barang bukti (BB) sepeda motor milik korban dan yang digunakan pelaku berjumlah 5 unit. Saat ini, para pelaku dan barang bukti (BB) sudah diamankan di Mapolres Lotim  guna pengembangan dan proses hukum lebih lanjut. (RED)