Jelang Pilgub, Bawaslu Merangin Kumpulkan Kades dan Camat

Jelang Pilgub, Bawaslu Merangin Kumpulkan Kades dan Camat
Sosialisasi Partisipatif Yang Dilakukan Bawaslu Merangin (Rhizki Okfiandi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MERANGIN- Menjelang tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi, Bawaslu Merangin mengumpulkan perwakilan Kades dan Camat se Kabupaten Merangin, di Aula Hotel Family Inn Bangko, Rabu (27/11/2019).

Dikumpulkannya Kades dan Camat tersebut, dalam rangka sosialisasi partisipatif jelang pelaksanaan Pilgub Jambi, sekaligus penyampaian kinerja Bawaslu pada Pemilu 2019 lalu.

Dihadapan para Kades dan Camat, Ketua Bawaslu Merangin, Alber Trisman mengatakan, bahwa selama Pemilu 2019, pihaknya telah melakukan klarifikasi terhadap ASN, Kades dan perangkat Kecamatan dalam dugaan keterlibatan Kampanye terhadap Paslon maupun Caleg.

"Bahkan sudah ada dua ASN, yang kami teruskan langsung ke KASN, dan telah keluar keputusannya," ungkap Alber.

Selain itu, Alber juga mewarning seluruh Kades dan Camat, untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan atau menguntungkan Pasangan Calon (Paslon), kemudian kampanye terbuka maupun money politik, karena jika terbukti maka akan diproses langsung oleh Bawaslu.

"Aturannya sudah jelas, maka kami dari sekarang memberikan peringatan, jangan sekali terlibat dalam kampanye maupun money politik, apalagi menguntungkan atau merugikan Paslon," katanya.

Kemudian, Alber juga berharap, para Camat dan Kades untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang, mulai dari daftar pemilih, rekrutmen panitia ad hoc, hingga pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

"Karena peran Kades dan Camat ini sangat penting, untuk sama-sama melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pilkada," ujarnya.

Penulis: Rhizki Okfiandi