Karhutla Terus Mengancam Muarojambi, Lahan HGU PT Kharisma Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah hukum Muarojambi. Setidaknya ada 9 hektar lahan HGU (hak guna usaha) milik PT Kharisma yang berada di desa Kemingking Dalam Kecamatan Tamanrajo Kabupaten Muarojambi terbakar pada Selasa (11/8/20).

Karhutla Terus Mengancam Muarojambi, Lahan HGU PT Kharisma Terbakar
Lahan yang Terbakar di Muarojambi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah hukum Muarojambi. Setidaknya ada 9 hektar lahan HGU (hak guna usaha) milik PT Kharisma yang berada di desa Kemingking Dalam Kecamatan Tamanrajo Kabupaten Muarojambi terbakar pada Selasa (11/8/20).

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya, Kapolsubsektor Polsek Marosebo Ipda Budi Sitinjak dan Camat Tamanrajo Rino Oetomo mendapat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di desa Kemingking Dalam.

"Berbekal informasi tersebut, camat, Polri dan TNI langsung mencari lokasi kebakaran dengan melihat kepulan asap dan juga bertanya kepada masyarakat," kata Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto melalui Kasubbag Humas AKP Amradi Selasa (11/8/20).

Setibanya di lokasi TKP, tim kecamatan mendapati bahwa benar telah terjadi kebakaran lahan yang merupakan milik PT.Kharisma dengan luasan sekitar 2 hektar yang sudah terbakar dan tim pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke kesatuan masing-masing.

"Tim kecamatan bersama masyarakat sekitar melakukan pemadaman dengan alat seadanya sembari menunggu peralatan pemadam dari BPBD. Sekitar pukul 15.00 WIB pemadaman melalui udara dan darat dilaksanakan," kata Amradi.

Karhutla yang terjadi di Muarojambi (ist)

Sekira pukul 20.00 Wib, lanjut Amradi, upaya pemadaman masih tetap dilaksanakan melalui darat  dan api belum dapat dipadamkan secara keseluruhan.

"Perkiraan lahan yang sudah dilaporkan sampai pukul 20.00 Wib sekitar 9 Hektar dan tim Karhutla kabupaten Muarojambi masih melaksanakan siaga dan pemadaman di lokasi kebakaran," tutupnya.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi