Nasib RSUD Ahmad Ripin Ditentukan Akhir Agustus

Nasib RSUD Ahmad Ripin Ditentukan Akhir Agustus
Direktur RSUD Ahmad Ripin Sengeti. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Ripin Sengeti direkomendasikan turun kelas oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. RSUD diturunkan dari tipe C ke tipe D. 

Pihak Rumah Sakit diberi waktu untuk memberikan sanggahan hingga 14 Agustus 2019.

"Terhadap rekomendasi penurunan tipe tersebut, kita dikasih waktu untuk melakukan sanggahan. Sanggahan itu sudah kita sampaikan sebelum batas waktu yang ditetapkan," ungkap Direktur RSUD Ahmad Ripin dr Ilham, Senin (12/8).

Ilham menyebut bahwa pihaknya masih menunggu keputusan Kemenkes RI mengenai penetapan tipe RSUD Ahmad Ripin. Apakah ke depan masih bertahan atau memang terpaksa turun tipe.

"Akhir bulan ini penentuannya, turun atau tidaknya kita tunggu saja," kata Ilham.

Katanya, sanggahan yang disampaikan turut dibarengi dengan penyampaian data pendudukung seperti data aset, Surat Izin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR). Termasuk perbaikan data Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara mengupdate 100 persen. 

"Salah satu yang dipermasalahkan itu terkait SDM, petugas kita tidak mengupdate sehingga posisinya di bawah 75 persen," ujarnya

Ilham mengakui bahwa tenaga SDM yang ada di Rumah Sakit Umum memang masih kurang.

Kekurangan itu terjadi pada tenaga spesialis dokter anak dan dokter bedah. Dokter spesialis anak dan dokter bedah yang ada masing-masing satu orang. 

"Mestinya masing-masing dua dokter spesialis, meskipun masih kurang tetapi SDM kita sudah di atas 80 persen. Yang jadi masalah itu ketika berada di bawah 75 persen," ujarnya

Demikian juga terkait STR dan SIP seluruhnya telah sesuai dengan yang dipersyaratkan. STR dan SIP telah terbit sebelum 27 Mei 2019. " Batas waktu STR dan SIP itu 27 Mei. STR dan SIP yang kita miliki sudah terbit sebelum batas waktu itu," ujarnya

Ilham mengatakan, Kementrian Kesehatan lebih dulu turun melakukan verifikasi secara langsung ke Rs Ahmad Ripin. Setelah itu baru akan diputuskan tipe rumah sakit Ahmad Ripin yang sebenarnya. 

"Saya sendiri berkeyakinan bahwa tipe rumah sakit Ahmad Ripin masih bertahan pada tipe C, persyaratan sudah memenuhi semua dan telah divalidasi Dinas Kesehatan," kata Ilham. (RED)

Kontributor : Romi R