Ibu Bupati! Warga Pulaumentaro Minta Jembatan Gantung

Ibu Bupati! Warga Pulaumentaro Minta Jembatan Gantung
Kades Pulaumentaro, Muarojambi (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Warga Desa Pulaumentaro meminta Pemerintah Kabupaten ataupun Pemprov Jambi membangun jembatan gantung di desa mereka. 

Permintaan ini disampaikan Kepala Desa Pulaumentaro Azmi saat dialog bersama petinggi pemerintah di Jambi saat momentum peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) ke-12 di desa mereka. 

Kala itu Gubernur Jambi Fachrori Umar, Bupati Muarojambi Masnah Busyro serta Kepala Dinas PUPR Jambi M Fauzi hadir, Rabu (18/9/19).

Dikatakan Azmi, desa dan kebun warga di sana dipisahkan oleh bantaran sungai. Pembangunan jembatan gantung dirasa sangat diperlukan warga untuk mempermudah mengangkut hasil kebun mereka. 

"Lokasi kebun warga sini kebanyakan berada di seberang desa. Warga kesusahan untuk mengangkut hasil kebun mereka karena tidak ada jembatan penyeberangan. Untuk itu kami meminta kepada Kadis PU ataupun Bupati agar bisa membangun jembatan gantung di sini," cetus Kades Pulmen Azmi, Rabu (18/9/19).

Selama ini, kata dia, untuk mengangkut hasil kebun seperti sawit ataupun karet, warga menggunakan perahu. Selain memakan waktu juga, juga kurang efektif karena perahu yang digunakan warga tidak bisa mengangkut hasil kebun dalam jumlah banyak.

"Kalau untuk TBS paling hanya beberapa tandan. Kalau ada jembatan warga bisa mengangkutnya dengan menggunakan sepeda motor," terang Azmi.

Bupati Muarojambi Masnah Busyro pun langsung menanggapi keluhan masyarakat. Masnah menyebut keluhan dan aspirasi warga akan ditampung untuk dicarikan solusi yang tepat.

"Untuk pembangunan jembatan gantung kita wacanakan untuk meminta bantuan dari Pemprov Jambi," kata bupati.

Dipaparkan Bupati, sebenarnya pada 2020 nanti sudah ada tiga item pembangunan jembatan gantung yang dianggarkan. Antara lain pembangunan jembatan gantung di Desa Pematangraman, Desa Pemunduran dan Desa Pulaumentaro itu sendiri. 

"Namun jika bisa dibantu oleh Pemprov tentu akan lebih baik lagi," cetusnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas PUPR Jambi M Fauzi pembangunan jembatan gantung bisa diusulkan dibangun melalui dana APBD Provinsi. Untuk mewujudkannya, desa harus mengajukan usulan pembangunan berbentuk proposal.

"Pembangunan yang asetnya merupakan milik kabupaten layaknya menjadi kewenangan kabupaten. Namun demikian bisa saja diusulkan ke kami. Caranya ajukan proposal dari desa yang sudah ditandatangani Bupati. Karena nanti, misal ini jadi dibangun oleh provinsi maka asetnya akan dikembalikan ke Kabupaten," urai Kadis PUPR Jambi M. Fauzi. (RED)

Kontributor : Romi R