Parpol Dapat Bantuan Rp1 Miliar dari Pemkab Tanjab Barat, Ini Syaratnya...

Parpol Dapat Bantuan Rp1 Miliar dari Pemkab Tanjab Barat, Ini Syaratnya...
Kepala Kantor Kesbangpol Tanjab Barat R Azis Muslim. (Heri/Brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL - Bagi Parpol yang memiliki perwakilan di DPRD Tanjab Barat bakal mendapatkan Rp1 Miliar dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2019. 

Kepala Kantor Kesbangpol Tanjab Barat R Azis Muslim mengatakan pada 2019 ini, anggaran bantuan parpol sama dengan tahun 2018 lalu yaitu sebesar Rp1 miliar lebih.

"Pemkab kembali menyiapkan dana Rp1 miliar lebih untuk bantuan 11 Partai politik yang memilik wakil duduk di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjung Jabung Barat," katanya, Senin (28/10).

Azis Muslim menjelaskan, bantuan dana diberikan kepada parpol sesuai jumlah suara yang diperoleh saat pemilihan legislatif (pileg) 2019 lalu.

Dipaparkanya, besaran bantuan dihitung dari jumlah suara masing-masing parpol, satu suara dihargai Rp6.740 rupiah. Untuk parpol dengan suara terbanyak akan mendapat bantuan lebih besar dibanding partai yang memproleh suara yang sedikit.

"Bantuan ini untuk kepentingan Sekretariat masing-masing partai sebesar 40 persen, dan untuk dana pendidikan politik sebesar 60 persen," jelasnya. 

Ia menginginkan, parpol terus memperluas kegiatan dan mempertajam pendidikan politik. Karena selama ini dari persentase 60 persen untuk pendidikan partai politik hanya beberapa parpol saja yang melaksanakan. 

"Sisanya biasa untuk sekretariat parpol, padahal pendidikan parpol ini sangat perlu. Agar pemahaman akan dunia politik bagi para kader, dapat lebih matang lagi," katanya.

"Saya harap dengan bantuan ini parpol dapat menggunakan dana semaksimal mungkin, sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk kepentingan partai politik itu sendiri," tutupnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto