Pendaftar PPK di Kecamatan Pasar Kota Jambi Kurang Peminat, Ini Penjelasan KPU

Pendaftar PPK di Kecamatan Pasar Kota Jambi Kurang Peminat, Ini Penjelasan KPU
Komisioner KPU Kota Jambi Abdul Rohim (Dewi Anita/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Satu Hari menjelang ditutupnya pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, ternyata masih ada satu Kecamatan yang belum memenuhi jumlah minimal pendaftar.

Abdul Rohim, Komisioner KPU Kota Jambi menyebutkan Kecamatan yang belum memenuhi kuota tersebut adalah Kecamatan Pasar. Sementara 10 Kecamatan lainnya, sudah memenuhi syarat.

Dia menyebutkan, faktor penyebab minimnya peminat pendaftaran PPK dari Kecamatan Pasar, karena mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Dia menyebutkan, biasanya memang masyarakat Tionghoa tidak begitu berminat terlibat.

"Sampai hari ini, H-1 penutupan pendaftaran, dari Kecamatan Pasar masih enam orang. Artinya belum memenuhi batas minimal 10 orang pendaftar," katanya.

Menurutnya, jika hari ini tidak juga terpenuhi jumlah minimal tersebut, maka pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari untuk memenuhi jumlah pendaftar tersebut.

Kemudian, jika masih juga tak memenuhi jumlah pendaftaran minimal, maka pihaknya akan melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan.

"Kalau masih juga belum terpenuhi, maka kami akan melanjutkan yang enam ini me proses selanjutnya," katanya.

Disebutkannya, satu hari menjelang penutupan pendaftaran tersebut, KPU Kota Jambi sudah menerima 227 pelamar. Pada 25-27 Januari nanti, pihaknya akan melaksanakan penelitian administrasi. Kemudian tanggal 28 Januari, hasil penelitian administrasi tersebut diumumkan.

"Tanggal 30 Januari, kami laksanakan seleksi tertulis. Materi ujian berupa pengetahuan kepemiluan dan pengetahuan umum," katanya.

Hasil dari tes tertulis ini juga akan dibuka ke masyarakat, dan masyarakat bisa memberikan tanggapan atas nama-nama yang diumumkan tersebut. Tanggapan bisa berupa apa, seperti masalah etika, dan lain sebagainya. Selanjutnya akan dilaksanakan wawancara.

Sementara itu ,Mursida Camat Pasar saat dikonfirmasi terkait kuota PPK belum terpenuhi , dirinya mengatakan baru mengetahuinya sore ini.

"Saya baru tau siang ini,dan langsung saya himbau kepada warga melalui perangkat baik RT maupun lurah untuk bisa berpartisipasi dalam pengrekrutan PPK," ujarnya.

Mursida juga mengatakan di hari terkahir penerimaan pendaftaran penyeleksian PPK dirinya optimis dari Kecamatan Pasar bisa memenuhi kuota.

"Meski memang mayoritas warga di kawasan pasar adalah etnis Tionghoa namun saya yakin masyarakat bisa berkerja sama dengan baik," pungkasnya. 

Penulis: Dewi Anita

Editor: Rhizki Okfiandi