Pengesahan APBD 2020 Dilakukan DPRD Periode Lama

Pengesahan APBD 2020 Dilakukan DPRD Periode Lama
DPRD Tanjabbar. (Heri/brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL - Paripurna pengesahan APBD 2020 akam dijadwalkan tiga hari sebelum pengambilan sumpah dan jabatan DPRD Tanjab Barat periode 2019-2024 persisnya 23 Agustus mendatang.

Uniknya, pembahasan dan pengesahan APBD tahun 2020 masih dilakukan dewan periode yang lama.

Sekretaris DPRD Tanjab Barat Sanusi mengaku jika ini sudah menjadi tradisi dan etika tersendiri.

"Pengesahan anggaran dilakukan dewan yang duduk di periode lama. Dari yang sudah-sudah memang begitu, memang etikanya begitu. Karena larangan nggak ada, kewajiban harus dewan yang baru yang bahas juga nggak ada. Pada rapat sosialisasi Permendagri Nomor 38 beberapa waktu lalu, hal ini juga sempat dibahas, dewan di periode lama boleh membahas penyusunan APBD 2020," paparnya, Senin (19/8). 

"Pembahasan APBD 2020 memang harus dikebut lantaran akhir November harus dievaluasi Gubernur Jambi," Imbuhnya.

Sanusi menambahkan, Jika menunggu pelantikan DPRD periode berikutnya, perlu waktu dan dikhawatirkan pembahasan bisa terlambat.

"Pengambilan sumpah Anggota DPRD Periode 2019-2024 dijadwalkan pada 26 Agustus 2019. Setelah itu, penunjukan pimpinan, pemimpin sementara ke defenitif butuh waktu dua minggu. Diperkirakan, penetapan unsur pimpinan rampung pada akhir September," jelasnya.

Selanjutnya, akan dilakukan orientasi anggota DPRD selama lima hari. Sembari menunggu jadwal, diperkirakan Oktober Minggu ketiga masa orientasi selesai.

Pada akhir Oktober, dilanjutkan pembentukan tatib dan alat kelengkapan dewan. Diperkirakan pertengahan November baru ada waktu untuk dimulai pembahasan APBD 2020. Sementara pembahasan dan paripurna paling tidak membutuhkan waktu satu bulan (empat kali paripurna).

"Dengan dasar pertimbangan ini, makanya pembahasan dilakukan dewan periode yang lama. Jika menunggu pelantikan, pembahasan baru bisa dilakukan pada pertengahan November. Pembahasan tidak bisa sistem kebut, kecuali sifatnya mendesak dan pertimbangan lain. Kita khawatir bakal gak terkejar waktunya. Sementara bulan Desember 2019 sudah dievaluasi APBD," paparnya lagi.

Selain Pengesahan APBD 2020 pada 23 Agustus mendatang, pengesahan (ketuk palu) APBD-P 2019 juga dijadwalkan pada 22 Agustus 2019, empat hari sebelum pengambilan sumpah dan jabatan dewan yang baru. (RED)

Kontributor : Heri Anto