PPKM Level 4, Pendapatan Pelaku Usaha Kian Merosot: Kami Hanya Boleh Buka Sampai Pukul 20.00

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 menjadi beban bagi wirausahawan. Meski mereka pada prinsipnya mendukung PPKM. Terlebih lagi Pemerintah memberlakukan aturan pembatasan makan di tempat atau Dine In selama penerapan PPKM Level 4. Dalam aturan ini terjadi pelonggaran dengan memperbolehkan pengunjung untuk Dine In, tetapi hanya dibatasi hingga 30 menit.

PPKM Level 4, Pendapatan Pelaku Usaha Kian Merosot: Kami Hanya Boleh Buka Sampai Pukul 20.00
Zulkifli Owner Kedai Kopi Kawan Sejalan Jambi. (Loadry Apryaldo/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 menjadi beban bagi wirausahawan. Meski mereka pada prinsipnya mendukung PPKM. Terlebih lagi Pemerintah memberlakukan aturan pembatasan makan di tempat atau Dine In selama penerapan PPKM Level 4.

Dalam aturan ini terjadi pelonggaran dengan memperbolehkan pengunjung untuk Dine In, tetapi hanya dibatasi hingga 30 menit.

Zulkifli, salah satu owner Kedai Kopi Kawan Sejalan yang terletak di Kawasan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan mengaku sangat sulit untuk dilakukan, karena butuh waktu sekitar 45 menit pengunjung berada di kedai miliknya.

"Untuk menyediakan makanan saja kami bisa memakan waktu 15 sampai 20 menit untuk satu makanan. Kemudian kopi sendiri 10 sampai 15 menit," katanya, Kamis (29/7).

Menurutnya, dimasa PPKM ini sungguh membuat kedainya kian menurun. Sebab saat pandemi Covid-19, kedai yang dia bangun bersama teman-temannya ini hanya mampu meraih 70 persen pendapatannya dari sebelum masa pandemi.

"Dengan kami sudah boleh membuka oleh pemerintah sampai pukul 23.00 WIB, itu sudah cukup membantu untuk kami. Sekarang kami harus buka sampai pukul 20.00 WIB. Ditambah lagi harus take away pada malamnya, itu sulit," ungkapnya.

Dikatakannya, saat PPKM di Kota Jambi diberlakukan, kedainya hanya mampu mendapatkan 30-40 persen saja dari biasanya.

Dirinya pun mengaku hanya bisa pasrah dan menanti tiba saatnya PPKM yang sedang berlaku di Kota Jambi berakhir.

Lebih lanjut, Zulkifl puni berharap kepada pemerintah di masa PPKM level 4 ini, agar dapat memberikan stimulus untuk membantu pelaku usaha dapat bertahan.

"Harapan saya, pemerintah dapat memberikan memberikan stimuluslah, seperti peringanan biaya listrik, keringanan pajak bagi pelaku usaha, dan sebagainya. Agar kami-kami ini dapat bertahan dikala pandemi ini," tandasnya. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Ari