Ribuan Aparat Dikerahkan Amankan PSU, Kapolda Jambi: Netral atau Mundur

Dalam persiapan pengamanan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) 27 Mei 2021 mendatang, Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel.

Ribuan Aparat Dikerahkan Amankan PSU, Kapolda Jambi: Netral atau Mundur
Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI  - Dalam persiapan pengamanan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) 27 Mei 2021 mendatang, Polda Jambi telah mengerahkan 1.360 personel. 

"Kami sudah siap melaksanakan pengamanan PSU Pilgub, jumlah personel yang dikerahkan ini belum termasuk bantuan pengamanan dari TNI maupun Linmas. Kita pastikan bahwa PSU Pilgub ini berjalan aman, tertib dan lancar," kata Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rahmad Wibowo S.Ik saat memimpin rapat internal  melalui video converence yang diikuti oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Dwi Gunawan, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan Para Kapolres/ta Jajaran Polda Jambi melalui Zoom Meeting, Selasa (18/05/21).

Tak hanya itu, dalam arahannya, Kapolda Jambi menegaskan kembali kepada Personel Polri Jajaran Polda Jambi harus Netral dan jangan sampai terlibat politik praktis, serta melakukan persiapan dalam rangka menghadapi PSU Pilgub pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang.

"Harus Netral. Tidak boleh ada personel Polri yang terlibat dalam politik praktis, jika memang ingin terlibat maka sesuai dengan ketentuan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari Polisi," tegas Kapolda.

Terkait netralitas Polri dalam Pilkada, kata Kapolda, sudah diatur dalam  pasal 28 UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menyebutkan bahwa “Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Selain itu, terkait netralitas Polri juga diatur dalam Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri pada pasal 12  pada huruf c,d dan e bahwa “Setiap anggota Polri dilarang menjadi anggota atau pengurus partai politik, dilarang menggunakan hak memilih dan dipilih; dan/atau melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi