Sekda Buka Kegiatan Assesment Test Uji Kesesuaian JPT Pratama Pemprov Jambi

Sekda Buka Kegiatan Assesment Test Uji Kesesuaian JPT Pratama Pemprov Jambi
Sekda Provinsi Jambi M Dianto foto bersama dengan peserta Test asasment. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI -  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi secara resmi membuka kegiatan kegiatan uji (Assesment Test) dalam rangka Uji kesesuaian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2019, Senin (16/9/2019) bertempat di Aula Kantor BPSDM Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Sekda Provinsi Jambi, M Dianto menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan uji kompetensi. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk melaksanakan birokrasi reformasi yang mengedepankan merit system dalam upaya penempatan SDM aparatur berbasis kompetensi.

"Sesuai dengan amanat Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagai implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS," ujarnya.

Disampaikannya, assesment test merupakan suatu metode yang digunakan untuk menilai dan mengevaluasi kapasitas komprehensif seseorang berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. 

Melalui Assesment test akan tersedia profil kompetensi para pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi melalui pengukuran secara sistematis atas beberapa kriteria spesifik sesuai tuntutan pada suatu jabatan.  Seperti aspek kepemimpinan kompetensi manajerial, kompetensi teknis serta interaksi kerja cara kompetensi sosial kultural.

Menurut Sekda, hasil assesment ini nantinya akan dimanfaatkan oleh pemegang kebijakan kepegawaian sebagai pembinaan dan bahan pertimbangan dalam penempatan pejabat, sehingga dapat berdampak positif bagi peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Kita harus memahami bahwa tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dapat diwujudkan apabila suatu entitas pemerintahan memiliki aparatur handal yang mampu menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat, mengetahui bagaimana mengejar kemajuan dan memberikan pelayanan yang adil dan berkualitas," katanya.

Lanjutnya, pejabat pemerintahan harus memiliki kemampuan dalam penyelesai suatu masalah, bukan justru menjadi sumber masalah. Oleh karena itu, melalui Assesment test atau  Uji Kompetensi, para pejabat ditantang untuk memiliki kemampuan dalam melakukan penilaian yang cermat dan tepat atas segala masalah yang dihadapi.

"Banyak masalah yang nyata dan obyektif yang harus dihadapi oleh pemerintah. yang membutuhkan pengetahuan kemampuan dan keterampilan aparatur yang tepat dan berdaya guna," terangnya.

Sekda berharap, dengan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi dalam rangka Uji Kesesuaian JPT Pratama ini, dapat mewujudkan prinsip "the right man in the right place" yang bisa meningkatkan akselerasi kinerja organisasi Pemerintah Provinsi Jambi dalam pencapaian visi Jambi TUNTAS 2021. (ADV/Den)