Soal Calon Sekda Sarolangun, Begini Kriteria Menurut Thabroni Rozali

Soal Calon Sekda Sarolangun, Begini Kriteria Menurut Thabroni Rozali
Sekda Sarolangun Thabroni Rozali. (Arfandi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA SAROALNGUN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sarolangun Tabroni Rozali, saat ditanya tentang kriteria sosok seorang Sekda berikutnya mengaku bahwa posisi jabatan ini adalah dapurnya Bupati.

 

“Tentunya yang mengelola masakan yang masakannya enak dimakan itulah kira-kira. Tugas dan fungsi pokok itu terlaksana dengan baik, jangan sampai pula Sekda ini jadi beban oleh pak Bupati," kata Thabroni, Selasa (9/7/2019).

 

Thabroni menyebutkan bahwa Sekda itu adalah pembantu Bupati, mengatur kebijakan kepala daerah, sehingga kebijakannya terlaksana dengan baik. 

 

"Termasuk juga mengharmoniskan hubungan, baik hubungan dengan DPRD, dengan Forkopimda, dengan Dinas instansi yang ada di Kabupaten dan termasuk juga dengan Provinsi,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, lelang jabatan Sekda anggarannya akan diusulkan di APBD Perubahan 2019. Dalam lelang itu pihaknya cuma sebagai fasilitator, dan melakukan pelaksanaannya pihak Pemerintah Provinsi. 

 

"Jadi yang ikut itu, kita bisa dari dalam Lingkup Pemerintah Kabupaten Sarolangun, bisa juga dari luar seperti Kabupaten tetangga atau dari pusat juga bisa ikut, ini akan dilakukan terbuka untuk umum sifatnya," katanya.

 

Sebelumnya pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sarolangun telah menyatakan bahwa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, akan segera di lelang mengingat pejabat Sekda saat ini Tabroni Rozali akan memasuki usia pensiun. 

 

"Iya jabatan Sekda akan kita adakan lelang. Dalam progres kerja kami itu akan dilaksanakan pada bulan Sembilan (September) akhir, karena kami prediksi akan selesai selama tiga bulan, yaitu bulan Sembilan, sepuluh dan sebelas. Ini akan dilaksanakan tersendiri, intinya enam bulan sebelum memasuki usia pensiun jabatan tersebut boleh diadakan lelang," kata kepala BKPSDM Sarolangun, Waldi Bakri. (RED)

 

Reporter : Arfandi S