20 Mobnas Belum Dikembalikan Mantan Pejabat, Wabup Sarolangun: Kita Ingin Kesadaran

20 Mobnas Belum Dikembalikan Mantan Pejabat, Wabup Sarolangun: Kita Ingin Kesadaran
Wabup Sarolangun Hilallatil Badri (Arfandi S/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN- Puluhan Mobil Dinas (Mobnas) milik Pemkab Sarolangun, saat ini masih berada di mantan pejabat.

Wakil Bupati Sarolangun, Hilalatil Badri, yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, dan mengatakan akan melakukan penarikan terhadap Mobnas tersebut.

Namun terkait penarikan, Wabup menegaskan tidak ada tekanan politik sama sekali, karena ini merupakan kewajiban Pemkab.

"Yang jelas, niat kita menyurati pejabat yang sudah pensiun itu, untuk mengembalikan Mobnas, karena dasar dari temuan BPK, bahkan tim Korsupgah KPK pun telah menyurati terkait hal ini," ungkap Wabup.

Wabup juga menjelaskan bahwa dalam hal tersebut bisa saja dilakukan penarikan secara paksa melalui kejaksaan Sarolangun, hanya saja ia tidak ingin persoalan ini dilakukan melalui proses hukum.

"Kemudian jaksa sudah menyurati kita untuk meminta nama-nama yang belum mengembalikan dan berada di pihak ketiga. Tapi kita akan lakukan persuasif dulu, sebab sangat naif kalau segala sesuatu kita lakukan proses hukum,"katanya.

Ia menyebutkan jika mobil dinas tersebut sudah dikembalikan ke pengelola aset, akan bisa digunakan kembali oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, yang saat ini masih ada yang kekurangan kendaraan dinas dalam operasional.

"Persoalan kita tahu saat ini kita kekurangan kendaraan, karena ada 20 unit mobil saat ini keberadaannya ada di pihak yang tidak berkompeten lagi untuk memegang kendaraan itu. Mau balikan atau tidak, tanggung jawab saya sudah lepas. Kalau KPK kemarin hanya memberi waktu lima hari. Tapi kita kemarin tidak berikan limit waktu, karena kita ingin kesadaran, "katanya.

Penulis: Arfandi S

Editor: Rhizki Okfiandi