Surat Suara DPR RI Sulawesi Tenggara Nyasar ke Kelurahan Ekajaya Jambi

Surat Suara DPR RI Sulawesi Tenggara Nyasar ke Kelurahan Ekajaya Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 kembali mengalami polemik di kalangan masyarakat. Kali ini terjadi di TPS 52 Kelurahan Ekajaya, Kecamatan Paalmerah. Pasalnya, pendistribusian puluhan lembar surat suara DPR RI tidak tepat sasaran.

 

Berdasarkan informasi, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 228, sementara surat suara untuk DPR RI di distribusikan untuk wilayah itu sebanyak 77 lembar.

 

Ketua KPPS, Musliyanto dikonfirmasi Kamis (18/4/2019) mengatakan dari 77 lembar surat suara itu, masyarakat telah menyalurkan hak suaranya sebanyak 8 lembar dilaksanakan pencoblosan.

 

"Kita awalnya tidak mengetahui kalau surat suara itu bukanlah untuk wilayah Provinsi Jambi. Karena pada saat urutan ke 9 baru diketahui," ujarnya.

 

Lanjutnya, surat suara yang didistribusikan untuk TPS 52 merupakan surat suara untuk calon DPR RI wilayah Sulawesi Tenggara.

 

Ketika ditanya terkait mengalami kendala atau tidak, dia menjelaskan bahwa setelah melakukan koordinasi dengan Panwas, saksi dan KPU, surat suara yang telah di coblos oleh warga RT 25, suara nya dilarikan ke Partai.

 

"Walaupun masyarakat mencoblos caleg, tapi suaranya di alihkan ke partai," katanya.

 

Ditambahkannya, untuk menutupi surat suara DPR RI yang tertukar tersebut, pihaknya melalui KPU, menggunakan surat suara yang berlebih dari TPS terdekat. (red)

 

Reporter : Deni S