Tunggakan Pajak Ruko Milik Pemkab Sarolangun Capai Rp500 Juta

Tunggakan Pajak Ruko Milik Pemkab Sarolangun Capai Rp500 Juta
Ujang. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN - Kabid Pajak dan Retribusi Daerah, Ujang Junaidi mengatakan bahwa tunggakan ruko yang di kawasan Abadi Sarolangun mencapai Rp500 Juta lebih per tahun 2019 ini. 

Ujang Junaidi mengatakan dimana setiap ruko, kios dan toko itu diatur dalam Perda Nomor 08 tahun 2016 tentang Retribusi pasar grosir dan pertokoan. 

"Kita punya 19 unit di deretan Abadi, dulu tunggakan sebesar Rp982 juta per desember 2017 dan tahun 2018 awal ditindak lanjuti, hingga saat ini tunggakan masih sekitar Rp 500 juta," katanya, Selasa (13/8/2019).

"Sudah terjadi tunggakan otomatis akan kita tindak lanjuti. Secara aturan pertama kita melakukan validasi data dengan survey ke lapangan apakah nilai piutang segitu. Kedua, menyurati kapan akan melunasi dengan surat teguran sampai tiga kali. Kita sudah buat teguran ke lima, artinya toleransi kita tetaplah," tukaanya.

Dalam waktu dekat kata Ujang, BPPRD akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait, dalam menyikapi persoalan ini agar segera ditindak lanjuti. 

"Jika memang penyewa tidak ada niat mau melunasi. Akan diambil oleh pemerintah dengan melakukan tindakan tegas berupa penutupan," pungkasnya. (RED)

Reporter : Arfandi S