Viral Video Parodi Larangan Mudik: Orasah Mudik Le, Eneng Kono Sik Lagi Usum Virus!

Sebuah video yang berisi pesan untuk tidak mudik selama pandemi corona Covid-19, disampaikan melalui parodi yang lucu, ramai dibagikan oleh netizen.

Viral Video Parodi Larangan Mudik: Orasah Mudik Le, Eneng Kono Sik Lagi Usum Virus!
Istimewa

BRITO.ID, BERITA VIRAL - Sebuah video yang berisi pesan untuk tidak mudik selama pandemi corona Covid-19, disampaikan melalui parodi yang lucu, ramai dibagikan oleh netizen.

Postingan video yang dibuat oleh akun Instagram @ucup_jbsklaten tersebut mengisahkan tentang seorang anak yang rindu ibunya dan ingin pulang kampung.

Si anak kemudian menelpon ibu aka ‘simbok’ nya dan menceritakan niatnya tersebut.

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit tersebut, simbok yang diceritakan terlihat tengah memasak, saat mengangkat telepon si anak.

Saat mendengar keinginan si anak yang ingin pulang, dia kemudian melarangnya.

“Orasah mudik le. Eneng kono sik. Lagi usum virus,” ujarnya dalam bahasa Jawa yang berarti “Jangan mudik, nak. Di sana saja. Baru musim virus,”

Dalam video tersebut simbok mengatakan jika si anak pulang, bisa berisiko membawa virus meskipun ia dalam kondisi yang terlihat sehat.

Video ini dilengkapi adegan-adegan lucu seperti saat simbok mengirimi foto selfi nya kepada si anak, atau ketika berujar “Rasah mulih le, penting duite mulih,” yang artinya “Nggak usah pulang nak, yang penting uangnya pulang,”.

Video tersebut ramai dan banyak disebarkan masyarakat dalam berbagai platform media sosial.

Dalam caption video Instagramnya, @ucup_jbsklaten menuliskan bahwa video tersebut tengah diikutkan dalam ajang lomba yang diadakan Polres Klaten tentang imbauan pencegahan Covid-19.

Sampai dengan hari ini Rabu (28/4/2020) video parodi jangan mudik tersebut telah dilihat lebih dari 84.735 pengguna.

Kisah dibalik video

Muhammad Sofyan, atau yang akrab dipanggil Ucup Klaten merupakan pemuda asal Klaten yang menjadi sosok di balik pembuatan video tersebut.

Dia menceritakan pembuatan video parodi jangan mudik itu hanya dilakukan berdua yakni dirinya dan juga Mbah Minto yang berperan sebagai simbok.

“Dua orang (yang terlibat membuat video). Saya dan simbah. Editor dan ambil gambar saya sendiri,” ujarnya kepada Kompas.com Selasa (28/4/2020) malam.

Sumber: Kompas.com
Editor: Ari