Menjelang Asian Games 30 Titik Api di Jambi Terpantau Setelit NOAA

Plt Dinas Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambo, Erizal mengatakan sepanjang Januari hingga Juli terdapat 30 titik api. Titik api tersebut tersebar di berbagai kabupaten di Provinsi Jambi.

Menjelang Asian Games 30 Titik Api di Jambi Terpantau Setelit NOAA

BRITO.ID, JAMBI - Plt Dinas Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambo, Erizal mengatakan sepanjang Januari hingga Juli terdapat 30 titik api. Titik api tersebut tersebar di berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. 

Titik api ini terpantau dari setelit NOAA. Terdapat delapan kabupaten yang terpantau. Diantanya, Batanghari 7 titik api, Tebo 5, Merangin 5 titik api. Lalu Bungo 4 titik api, Sarolangun 4, Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) 2, Kerinci 2, dan terakhir Muaro Jambi berjumlah 1 titik api. 

"Itu total (kebakaran) sampai dengan tanggal 22 bulan Juli 126,1 hektare (hutan dan lahan)," ungkapnya, Senin (23/07).

Sebagian besar dari lahan tersebut diakuinya telah berhasil dipadamkan. Akan tapi dari beberapa titik api, masih dalam katagori bahaya. Apalagi dalam rangka persiapan perrhelatan Akbar Asian Game Jakarta-Palembang. Provinsi Jambi sendiri berada berdekatan dengan Palembang. "Jadi harus sama-sama kita awasi

Kata dia secara teknis dari Kementerian LHK bisa saja ada agenda nasional menetapkan status siaga. "Tapi ISPA dan yang lainnya belum," Erizal. (ron)