Wah! Giliran Sandi Dapat Dukungan, Sedulur dan Milenial di Sleman Deklarasi Menteri Jokowi Ini Jadi Capres 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi salah satu menteri yang digadang-gadangkan masuk bursa calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Kali ini sejumlah orang yang mengatasnamakan Sedulur Sandi Uno menggelar deklarasi mendukung Sandi maju Pilpres 2024 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wah! Giliran Sandi Dapat Dukungan, Sedulur dan Milenial di Sleman Deklarasi Menteri Jokowi Ini Jadi Capres 2024
Sedulur Sandi Uno deklarasi Sandiaga Uno maju Pilpres 2024 (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

BRITO.ID, BERITA SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi salah satu menteri yang digadang-gadangkan masuk bursa calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Kali ini sejumlah orang yang mengatasnamakan Sedulur Sandi Uno menggelar deklarasi mendukung Sandi maju Pilpres 2024 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Deklarasi diikuti relawan dan kalangan milenial dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng). Koordinator acara deklarasi Sedulur Sandi Uno DIY-Jateng, Nugraha, menyampaikan acara ini diikuti perwakilan elemen masyarakat, mahasiswa dan pemuda atau milenial dari wilayah di DIY-Jateng.

"Deklarasi ini mendukung Sandiaga Uno maju capres dan menjadi Presiden RI 2024," kata Nugroho kepada wartawan, Sabtu (13/11/2021).

Acara deklarasi digelar di Pakis Resto, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY. Deklarasi Sedulur Sandi Uno DIY-Jateng mengambil tagline 'Sedulur Sandi Uno DIY-Jateng Mumpuni Lan Ngayomi Sak Kroso Sak Suoro Sandi Presiden 2024'.

Nugroho menyebut alasan Sedulur Sandi Uno mendukung Sandiaga maju capres karena dinilai sebagai sosok yang cocok mewakili kalangan anak muda, cerdas, mengikuti perkembangan zaman dan juga memiliki jiwa kepemimpinan.

"Sandiaga mewakili generasi kami, selalu up to date dengan perkembangan dan teknologi, sosok yang paling cocok memimpin Indonesia ke depannya," jelasnya.

Selain deklarasi mendukung Sandiaga maju capres 2024, Sedulur Sandi Uno disebutnya juga sebagai wadah anak muda untuk berkreasi.

"Hari ini acara cukup mendadak, nanti akan digelar di daerah lain di DIY dan Jateng. Kalau dari Jateng hari ini ada yang dari Temanggung datang, dan lainnya juga," katanya.

Sementara itu, di sela deklarasi juga disuguhkan Gelar Budaya Jogjavakrasi, orasi budaya, hingga stand up comedy.

Sebelumnya diberitakan, dukungan terhadap Sandiaga datang dari sejumlah ulama yang tergabung dalam Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia.

Ada 7 alasan Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia mendukung Sandiaga untuk mencalonkan diri menjadi capres periode 2024-2029. Alasan pertama adalah Sandiaga dikenal sebagai sosok yang agamais dan dinilai punya rasa kepedulian terhadap umat beragama.

"Sandiaga tidak pernah melontarkan ujaran kebencian terhadap agama lain. Sandiaga hampir selalu menyempatkan diri hadir di berbagai agenda besar yang dihelat oleh organisasi islam di Indonesia," ujar Ketua Pelaksana Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia, Arief Fahrudin, dalam Forum Deklarasi Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia Mendukung Sandiaga Uno Capres 2024-2029, di Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/11).

Alasan kedua, Sandiaga dinilai memiliki integritas dan 'zero' dosa politik karena mampu menjaga kepercayaan terhadap pubik. Ketiga, Sandiaga dinilai memiliki kepribadian yang cerdas dan bekerja keras. Keempat, Sandiaga juga dinilai sebagai sosok yang santun dan sederhana.

"Sandiaga juga murah senyum dan selalu menundukkan kepala saat bertemu dengan masyarakat umum. Sandiaga tetap sederhana hal ini bisa dilihat dari mobil sehari beliau hanya Nissan X-Trail dan Grand Livina yang harganya terjangkau untuk masyarakat awam," ucap Arief.

Kelima, Sandiaga juga disebut punya rasa optimistis yang kuat dan populer di kalangan milenial. Terlebih, kata dia, Sandiaga terkenal akan karakter politikus muda.

"Diperlukan sosok muda yang mampu membawa garda bangsa ke arah kemajuan hal itu bisa terwujud dalam karakter Sandiaga," ujarnya.

Keenam, Sandiaga dinilai sudah punya pengalaman politik yang cukup. Mengingat dirinya pernah menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta dan kini menjadi Menparekraf. Terakhir, Sandiaga dinilai siap maju menjadi capres 2024-2029.

Sumber: detikcom
Editor: Ari