4 Terdakwa Kasus Pipanisasi Tanjabbar Divonis Penjara

4 Terdakwa Kasus Pipanisasi Tanjabbar Divonis Penjara

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Empat terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan pipanisasi di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) divonis penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor Jambi. Keempatnya dijatuhi hukuman yang berbeda.

Majelis hakim yang dipimpin Erika Emsah Ginting, menjatuhi hukuman tertinggi terhadap terdakwa atas nama Wendy Leo. Ia dijatuhi hukuman selama 2 tahun 6 bulan penjara.

"Selain penjara, terdakwa juga dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp6 miliar rupiah, dikurangi dengan yang dikembalikan terdakwa," kata Hakim Erika Emsah Ginting, Rabu (20/3).

Sementara untuk terdakwa Sabar Barus dijatuhi hukuman selama 1 tahun 6 bulan penjara, subsider 3 bulan kurungan. Sedangkan untuk 2 terdakwa lainnya, yakni Hendy Kusuma dan Ery Dahlan, dijatuhi hukuman masing-masing 1 tahun penjara, denda Rp50 juta, subsider 3 bulan kurungan.

"Untuk terdakwa Wendy Leo, jika uang pengganti tidak dibayar setelah putusan tetap maka harta bendanya disita untuk mengganti kerugian negara. Namun jika tidak cukup maka diganti dengan kurungan 1 tahun penjara," kata Hakim.

Dalam kasus ini, keempat terdakwa dinyatakan telah menyebabkan kerugian negara mencapai Rp18 miliar. Kerugian negara timbul setelah para terdakwa mengambil alih seluruh pekerjaan jasa konstruksi pembangunan sarana air bersih Tebing Tinggi, Kuala Tungkal, Tanjabbar Tahun 2009. Dalam kasus ini terdapat perpindahan kontrak yang dikerjakan oleh satu perusahaan, ke perusahaan lainnya. (red)

Kontributor: Hendro