Cek Fisik Proyek Dinas PU PR, Anggota DPRD Muarojambi: Kami Kecewa

Anggota DPRD Muarojambi Daerah Pemilihan Jambi Luar Kota melakukan peninjauan terhadap pekerjaan fisik dinas PUPR tahun anggaran 2019 pada Kamis (11/6/20).

Cek Fisik Proyek Dinas PU PR, Anggota DPRD Muarojambi: Kami Kecewa
Peninjauan Proyek Fisik di Muarojambi (Raden Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Anggota DPRD Muarojambi Daerah Pemilihan Jambi Luar Kota melakukan peninjauan terhadap pekerjaan fisik dinas PUPR tahun anggaran 2019 pada Kamis (11/6/20).

Dalam tinjauan tersebut mereka merasa kecewa lantaran masih banyak ditemukan berbagai kekurangan item pekerjaan pada proyek fisik tersebut. Peninjauan ini dilakukan guna menindaklanjuti LKPj Bupati Muarojambi TA 2019.

"Tadi kita para anggota dewan Dapil Jaluko bersama Tim PUPR turun ke lokasi proyek menindaklanjuti LKPj bupati. Hasilnya, kita masih menemukan beberapa proyek fisik kekurangan item pekerjaan," kata Anggota DPRD Muaro Jambi, Sukarman Bontet saat dikonfirmasi, Kamis (11/6/2020).

Ketua Fraksi Demokrat ini mengatakan, kekurangan item pekerjaan fisik itu ditemukan pada proyek pekerjaan Box Culvert di Desa Danau Saranglang. Proyek ini kekurangan item pekerjaan pada lebar inklak plat yang seharusnya 3,6 meter, tetapi yang ada di lapangan hanya 3 meter.

"Inklak plat itu langsung kita ukur bersama PPTK dengan menarik meteran. Hasilnya terjadi kekurangan karena yang ada di lapangan hanya 3 meter," ujarnya.

Selain itu, Sukarman Bontet turut menyoroti timbunan tanah pada bangunan Box Culvert tersebut. Masalahnya, tanah yang digunakan untuk penimbunan tidak standar. Tanah penuh dengan kayu-kayu yang lapuk.

"Tanah yang ditimbunkan tidak sesuai dengan spek PUPR yang diinginkan dan itu tanah yang tidak masuk spek," katanya.

Bontet menyebut, pekerjaan Box Culvert di Desa Danau Sarang Elang ini sudah pernah dilakukan pengecekan pada evaluasi tahap pertama Januari 2020 lalu. 

"Saat itu sudah kita minta agar Dinas PUPR melakukan perbaikan. Ternyata rekomendasi kita itu tidak dilaksanakan Dinas PUPR," ujarnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Sumarsen Purba turut membenarkan temuan tersebut. Sumarsen yang juga turut dalam tinjauan tersebut bilang, temuan tak hanya pada pekerjaan box culvert tapi juga pada pekerjaan proyek fisik lainnya di sana.

" Itu memang benar. Jadi, bukan cuman bangunan Box Culvert yang di Desa Danau Sarang Elang yang kekurangan item pekerjaan. Kualitas pekerjaan fisik yang dilaksanakan Dinas PUPR itu juga kurang baik," ujarnya.

Sumarsen Purba lantas mencontohkan pekerjaan rabat beton di RT 06 Desa Mendalo Indah. Pekerjaan jalan ini kira-kira sepanjang 200 meter dengan pagu anggaran kurang lebih Rp400 juta.

" Jalan rabat beton ini tadi kita tinjau juga, hasilnya sudah terkelupas," kata Sumarsen Purba.

Sumarsen Purba memastikan bahwa seluruh temuan kekurangan item atas pekerjaan fisik Dinas PUPR Muaro Jambi akan dituangkan pada pandangan akhir Fraksi PDI Perjuangan. 

"Nanti akan kita tuangkan semua pada pandangan akhir fraksi. Akan kita sampaikan semua baik itu terkait kekurangan item, termasuk kualitas pekerjaan yang kurang baik tersebut," tegas Sumarsen Purba.

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi