125 Hektar Karhutla di Muarojambi Kian Meluas

125 Hektar Karhutla di Muarojambi Kian Meluas
Kapolda Jambi Irjen Muchlis saat ikut pemadaman api di lahan. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI -  Kebakaran hutan dan lahan di Desa Sipin Teluk Duren, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muaro Jambi kian meluas. 

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi, sudah 125 hektar lahan yang terbakar di desa ini

"Data terakhir sudah 125 hektar," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi M Zakir, Rabu (14/8/19).

125 hektar lahan terbakar ini, kata dia, adalah laporan yang masuk hingga tanggal 6 Agustus lalu. Sementara perhitungan jumlah lahan terbakar sejak 6 Agustus hingga hari ini belum bisa dihitung karena tim gabungan masih disibukkan dengan upaya pemadaman dan pendinginan di lokasi.

"Itu belum termasuk kebakaran yang terjadi selama 6 Agustus hingga hari ini karena memang belum dihitung," urainya.

Diterangkannya, tim gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, Masyarakat Peduli Api (MPA), Perusahaan dan Masyarakat masih terus melakukan upaya pemadaman dan pendinginan di lokasi. 

Lokasi lahan gambut membuat proses pemadaman susah karena kedalaman lahan gambut di sana mencapai 1-4 meter.

"Tim masih lakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi karena kondisi lahan di sana merupakan lahan gambut. Jadi meski sudah dipadamkan api berpotensi hidup kembali karena tiupan angin," katanya.

Segala upaya dilakukan untuk memadamkan karhutla di Sipin Teluk Duren. Selain pemadaman lewat darat, juga dibantu lewat udara dengan water bombing. Tak hanya itu, warga dan TNI Polri juga menggelar shalat Istisqa meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diturunkan hujan. (Red)

Kontributor : Romi R