Ditpolair Polda Jambi Mengaku Kekurangan Personil, Begini Alasannya

Ditpolair Polda Jambi Mengaku Kekurangan Personil, Begini Alasannya
Kapal Patroli Dirpolair Polda Jambi. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI – Upaya meningkatkan Profesionalisme kinerja Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jambi mendapat bantuan sarana dan prasarana dari markas besar berupa tiga unit kapal. Diantaranya Kapal Patroli Cepat (KPC), kapal jenis R.I.B Intercept dan Ship Tender. Namun penambahan kapal membutuhkan penambahan personil.

Dirpolair Polda Jambi, Kombes Pol Arif Budi Winova, Rabu (20/11/2019) mengatakan, dengan jumlah personil yang dimiliki saat ini sebanyak 129 orang personil diantaranya 40 merupakan Perwira, Bintara dan Polwan hal itu dirasa masih mengalami kekurangan. Karena, di setiap kapal membutuhkan sedikitnya 4 personil yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

“Kita membutuhkan penambahan 20 personil untuk pengoperasian kapal tersebut yang nantinya akan diberikan pelatihan khusus. Saya sudah sampaikan hal itu kepada pimpinan,” ujarnya.

Lanjutnya, kedepan kapal-kapal itu akan di beroperasional di wilayah perairan muara. Yang memiliki fungsi untuk mencegah tindak pidana diperairan. 

Bahkan untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, untuk penegakkan hukum di perairan, sebagai sarana dan prasarana SAR, guna membantu masyarakat dalam evakuasi apabila terdampak banjir kemudian guna kegiatan kepolisian.

“Secara umum Jambi ini memiliki perairan dalam seperti sungai dan anak sungai, dengan kondisi geografis itu kapal C2 dan C3 sudah tepat untuk diletakan di Jambi. Untuk kapal jenis C1 sendiri kita rasa masih belum tepat,” katanya.

Ditambahkannya, dengan penambahan tiga unit kapal tersebut, Ditpolair Polda Jambi saat ini memiliki 18 unit Alat Apung (Alpung). 

“Kami sangat berterimakasih kepada markas besar yang telah memberikan Almatsus. Tentunya ini menambah semangat kita untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat serta menambah semangat dalam profesionalitas anggota dalam bekerja,” pungkasnya.

Untuk diketahui agar kapal tersebut dapat segera beroperasional, Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS yang didampingi Wakapolda Jambi, Brigjend Pol CBS Nasution telah meresmikan dan syukuran atas kapal itu yang dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Jambi. (*)

Reporter : Deni S
Editor : Ari