Gunakan Protokol Kesehatan, DPRD Tetapkan Bupati dan Wabup Bungo Terpilih

Dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, DPRD Kabupaten Bungo menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Hasil Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bungo Tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bungo, Selasa (26/01/2021).

Gunakan Protokol Kesehatan, DPRD Tetapkan Bupati dan Wabup Bungo Terpilih
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bungo penetapan Bupati Bungo terpilih dengan menggunakan protokol kesehatan. (Brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat, DPRD Kabupaten Bungo menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Hasil Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bungo Tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bungo, Selasa (26/01/2021).

Rapat yang terbuka untuk umum ini dipimpin Wakil Ketua II Martunis, dan disaksikan Ketua DPRD Bungo Jumari dan Waka Jumiwan Aguza. 

Pada rapat tersebut dijelaskan bahwa Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah mekanisme yang harus ditempuh untuk kesinambungan penyelenggaraan Pemerintah Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 

Pemilihan Kepala Daerah hanya sebagaimana sarana guna mewujudkan pembangunan daerah secara integral dan berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat (3) yang menegaskan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur. 

Sebagai Implikasi, DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam rapat Paripurna hasil penetapan calon Bupati dan Wakkil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Dalam rapat ini Martunis mengetok tiga kali terhadap pasangan Mashuri dan Safrudin Dwi Apriyanto sebagai Bupati Bungo dan Wakil Bupati Bungo terpilih.

"Dengan mengucapkan bismillah...pasangan Mashuri dan Apri sah menjadi Bupati dan Wabup Bungo," katanya.

Dalam kesempatan itu Martunis juga menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang ini tetap menggunakan protokol kesehatan. Dan tetap memperhatikan 3M yakni menggunakan masker, menjaga jarak tidak berkerumun, dan mencuci tangan dengan sabun. 

"Betul kita sendiri sebagai orang yang harus memberi contoh. Kami berharap masyarakat Bungo tetap mematuhi protokol kesehatan. Dimasa pandemi yang belum selesai ini, tetaplah jaga jarak," ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Aprianto setelah ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD Bungo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran Pilkada Bungo yang aman, damai dan mematuhi peraturan protokol kesehatan yang ketat.

"Tidak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Allah atas kelancaran semua tahapan Pilkada tahun 2020 ini, kami pasangan calon Mashuri dan Apri ucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Bungo yang telah mempercayai kami kembali untuk mengembankan amanah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bungo," ujarnya.

Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda, para Camat, dan tamu undangan lainnya. (Ari)