Respon Cepat Kondisi Rifal-Nuralifah & Hernalis, Safaruddin: Mereka Langsung Kita Tangani

Respon Cepat Kondisi Rifal-Nuralifah & Hernalis, Safaruddin: Mereka Langsung Kita Tangani
Kadinkes Bungo Safaruddin Matondang mewakili Bupati Bungo mendata Rifal bocah yang mengalami tumor di ketiak. (Brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Akhirnya Dinas Kesehatan Bungo Jambi langsung merespon adanya anak dalam kondisi sakit  dan membutuhkan perawatan. Kepala Dinas Kesehatan Bungo dr H Safaruddin Matondang mengaku usai mendapat kabar ada dua anak di Jujuhan, dirinya memerintahkan staf untuk mendata.

"Kini saya sudah melihat kondisi kedua anak itu Rifal dan Nuralifah. Kita sudah mendata dan melakukan pendaftaran ke BPJS Kesehatan agar keduanya menjadi peserta jaminan kesehatan melalui Pemkab Bungo," ungkapnya, Minggu (15/12).

Safaruddin menjelaskan saat ini Bupati Bungo tengah melakukan ibadah Umroh di Tanah Suci dan tidak bisa melihat langsung kedua anak itu.

Dia didampingi Kepala Puskesmas Rantau Ikil Masajaya dan Pjs Datin Rio Jumbak, Susilawati dan sejumlah dokter juga tenaga kesehatan memeriksa keduanya.

Bayi Nuralifah yang baru berumur 2 bulan yang mengalami kelainan di hidung atau hidung sumbing. Nur alifah hanya bisa bernafas melalui selang dari mulut. 

"Bayi Nur alifah sudah kita data berkas setelah dari nenek nya Nuralifah dan nanti kita koordinasi dengan dokter bedah secepatnya akan kita tangani nanti," ujarnya.

Begitu juga Safaruddin menjelaskan bocah Rifal mengalami kangker atau tumor di bawah ketiak. Dengan didata untuk mendapatkan kartu BPJS sehingga anak ini bisa mendapatkan perawatan.

"Untuk Rifal akan kita upayakan pengurus BPJS-nya kalau bisa hari Senin, sudah bisa di rujuk nanti pihak Puskesmas koordinasi dengan pihak Rumah Sakit Hanafie Bungo," katanya.

Tak hanya itu tim kesehatan pun memeriksa Hernalis 30 tahun penyandang cacat yang dari kecil. Mewakili Bupati Bungo tim turun ke Jumbak dan Pulau Batu.

"Melihat kondisi Hernalis kita akan koordinasi dengan Dinas Sosial kerena Hernalis butuh kursi roda untuk mobilisasi," kata mantan Direktur RSUD H Hanafie Bungo ini.

"Pada intiya pesan pak bupati setiap pasien yang tidak mampu akan di bantu dengan pelayanan BPJS," pungkasnya.

Susilawati pjs Datin Rio Jumbak mengaku sangat mengapresiasi cepat tanggapnya Bupati Bungo H Mashuri. Terutama dalam pelayanan masyarakat. 

"Kami atas nama masyarakat jumbak terimakasih atas kunjungan Kepala Dinas Kesehatan Bungo dan Kepala Puskesmas Rantau Ikil yang sudah turun ke Jumbak melihat langsung kondisi tiga pasien," katanya. (red)